DetikNews
Minggu 30 April 2017, 00:40 WIB

Sandiaga: Anggapan Putaran Kedua Dihiasi Kecurangan Tidak Terjadi

Jabbar Ramdhani - detikNews
Sandiaga: Anggapan Putaran Kedua Dihiasi Kecurangan Tidak Terjadi Sandiaga uno dan Wakil Ketua DPRD M Taufik/Foto: Jabbar Ramdhani/detikcom
Jakarta - Cawagub DKI Sandiaga Uno menilai gelaran Pigub DKI Jakarta putaran kedua berlangsung baik. Anggapan akan adanya aksi kecurangan disebutnya tidak terjadi.

"Hasil dari laporan yang disampaikan kepada kami, tingkat partisipasi meningkat, berarti jumlah pemilih meningkat. Jadi anggapan bahwa pemilu putaran dua ini justru dihiasi aksi-aksi (kecurangan), tidak terjadi," kata Sandiaga di Hotel Aryaduta, Jalan Prajurit KKO Usman dan Harun, Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu (29/4/2017).

Baik Sandiaga maupun cagub Anies Baswedan merasa putaran pertama ada beberapa TPS yang dianggap anomali distribusi perolehan suaranya. Namun, di putaran kedua ini distribusi perolehan suara lebih normal.

"Kedua, dari beberapa lokasi TPS yang pada putaran pertama diidentifikasi sebagai TPS yang anomali. Setelah diberikan info kepada publik, sekarang TPS-TPS tersebut menunjukkan hasil yang lebih normal distribusinya," ujarnya.

Sandiaga mengatakan perolehan itu diraih berkat kerja dari semua pihak. Menurutnya, hal tersebut berdampak pada pelaksanaan pilgub yang lebih baik.

"Jadi ini tentunya adalah hasil dari semua pihak. Bukan hanya dari tim kampanye, parpol dan relawan, tapi semua pihak yang sudah bekerja untuk memastikan munculnya pemilu yang jujur, adil dan demokratis bisa terselenggara di putaran kedua," tutur Sandiaga.

Di lokasi yang sama, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik mengatakan tim paslon nomor urut tiga tetap melakukan survei seperti putaran pertama. Taufik sependapat dengan Sandiaga bahwa putaran kedua Pilgub DKI ini berjalan dengan baik.

"Ya, survei tetap kita lakukan. Makanya kita di putaran kedua lebih banyak menyampaikan kepada publik, berapa suket (yang dikeluarkan). Temuannya adalah diakui ada 138 ribu. Yang pakai suket dari 138 ribu ternyata berkurang," ujar Sandiaga.
(jbr/ams)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed