Djarot Ingin Taman di Masjid Raya Jakarta Seperti RPTRA

Arief Ikhsanudin - detikNews
Jumat, 28 Apr 2017 18:16 WIB
Foto: Arief Ikhsanudin/detikcom
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful menunaikan salaj Jumat di Masjid Raya Jakarta KH Hasyim Asy'ari siang tadi. Djarot menyampaikan beberapa pesan untuk pembangunan Masjid Raya yang belum selesai 100 persen.

Seperti yang terlihat, Masjid Raya Jakarta menyisakan beberapa pekerjaan seperti pembuatan taman di sekitar masjid. Kelengkapan masjid diharapkan bisa selesai sebelum bulan puasa pada akhir Mei 2017.

"Kita harapkan memasuki bulan Ramadan nanti, juga bisa diselesaikan. Salah satunya sound system harus baik. Tempat wudhu harus baik, kemudian untuk tempat parkir saya minta di lantai bawah. Taman juga harus dikerjakan," ujar Djarot kepada wartawan di Masjid Raya Jakarta KH Hasyim Asy'ari, Cengkareng, Jakarta Barat, Jum'at (26/4/2017).

Taman di sekitar masjid akan berfungsi sebagai daerah resapan air. Selain itu, taman bisa dimanfaatkan sebagai lokasi bermain untuk anak-anak.

"Saya minta taman itu betul-betul ramah. Sehingga anak-anak bisa bermain di situ. Bisa diskusi, bisa nongkrong, bisa jadi ruang publik semacam RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak)," ucap Djarot.

Tak lupa, Djarot mengingatkan pembuatan pagar masjid. Pagar di sekeliling masjid harus menggunakan tanaman hidup.

"Kami minta pagar hidup, misalnya bambu. Dikasih akses jalan masuk dari warga. Sehingga bisa dijaga keamanannya. Itu masalah lingkungannya," kata Djarot.

Pemprov DKI sudah menempatkan beberapa personel untuk keamanan masjid. "Pengamanan melibatkan TNI, Polri, Satpol PP, sambil menata taman-taman," tuturnya. (aik/idh)