DetikNews
Jumat 21 Apr 2017, 16:43 WIB

Sidang Pelepasan Aset PT PWU

Kejaksaan Juga Banding atas Vonis 2 Tahun untuk Dahlan Iskan

Zaenal Effendi - detikNews
Kejaksaan Juga Banding atas Vonis 2 Tahun untuk Dahlan Iskan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jawa Timur Maruli Hutagalung (Zainal Effendi/detikcom)
Surabaya - Dahlan Iskan mengajukan banding atas vonis 2 tahun dalam bentuk penahanan kota terkait dengan kasus pelepasan aset PT Panca Wira Usaha (PWU), perusahaan milik Pemprov Jawa Timur. Kejaksaan Tinggi Jatim menempuh langkah serupa.

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jawa Timur Maruli Hutagalung menegaskan pihaknya akan mengajukan banding karena vonis tidak sesuai dengan harapan. Juga tidak sesuai dengan tuntutan yang diajukan JPU.



"Lihat daripada tuntutan 6 tahun divonis 2 tahun, kita harus menyatakan banding, tapi JPU punya waktu pikir pikir 7 hari bisa kita gunakan untuk siapkan memori banding menyusun pembuktian," kata Maruli kepada wartawan di ruang rapat Kejati Jatim, Jalan Ahmad Yani Surabaya, Jumat (21/4/2017).

Alasan pengajuan banding atas vonis 2 tahun dan denda Rp 100 juta terhadap Dahlan Iskan ini adalah banyak tuntutan yang tidak dipenuhi majelis hakim.

"JPU membuktikan Pasal 2 Undang-Undang Tipikor, tapi hakim memutuskan pasal 3 dan tidak sesuai permintaan JPU kita minta 6 tahun dikasih 2 tahun. Mengenai uang pengganti juga belum klop dengan tuntutan JPU. Nantinya Kejati tetap akan menyatakan banding," ujar Maruli.

Ia kembali menegaskan pihaknya akan tetap mengajukan banding, tapi memori banding baru akan diserahkan sehari menjelang batas akhir pengajuan banding ke pengadilan tinggi.

"Kalau banding pasti, tapi ditandatangani memori banding oleh JPU. Tapi nanti JPU akan menyerahkan memori banding pada hari ke-6 atau hari Kamis depan, tidak harus terburu-buru hari ini mengambil sikap banding," kata Maruli.

Dahlan divonis bersalah dalam penjualan aset PT Panca Wira Usaha saat dirinya menjabat direktur utama. Sebelum sidang ditutup, Dahlan merespons hasil sidang. Setelah berkoordinasi dengan tim kuasa hukum, dia mengatakan," Kami nyatakan banding."
(ze/try)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed