DetikNews
Jumat 21 April 2017, 12:34 WIB

Jaksa KPK Koordinasi dengan Puspom TNI untuk Panggil Kabakamla

Audrey Santoso - detikNews
Jaksa KPK Koordinasi dengan Puspom TNI untuk Panggil Kabakamla Foto: dok detikcom
Jakarta - Majelis hakim sidang lanjutan kasus suap terkait proyek satellite monitoring di Badan Keamanan Laut (Bakamla) mengeluarkan penetapan untuk pemanggilan ketiga bagi Kabakamla Laksamana Madya Arie Soedewo. Jaksa KPK pun berkoordinasi dengan Pusat Polisi Militer (Puspom) TNI berkaitan dengan hal itu.

"Kami akan koordinasi dengan Puspom karena ini yuridiksinya pengadilan militer, dan kita koordinasi dengan Puspom terkait pemanggilan tersebut," ujar jaksa KPK Kiki Ahmad Yani usai sidang di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (PN Tipikor) Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Jumat (21/4/2017).

Menurut Kiki, KPK juga telah bersurat ke Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo agar Arie hadir dalam persidangan. Namun nyatanya, Arie tidak hadir setelah 2 kali dilakukan pemanggilan dengan alasan dinas di luar Jakarta.

"Karena beliau masih TNI aktif, dilakukan pemanggilan antar pimpinan institusi. Jadi kemarin Pimpinan KPK sudah bersurat kepada Panglima supaya minta bantuannya, untuk memerintahkan yang bersangkutan untuk hadir di persidangan. Namun sampai hari ini beliau masih berhalangan," jelas Kiki.

Pada sidang sebelumnya, Direktur Data dan Informasi pada Deputi Bidang Informasi, Hukum dan Kerja Sama Bakamla, Bambang Udoyo, mengaku menandatangani kontrak proyek pengadaan satellite monitoring di bawah perintah Arie selaku Kabakamla.

"Tanggal 18 (Oktober) saya tanda tangan kontrak. (Dasar penandatanganan kontrak) Kepala Bakamla yang panggil saya," kata Bambang Udoyo dalam sidang, Jumat (24/3) lalu.

Dalam proyek yang dinilai KPK mengandung unsur suap tersebut, Bambang Udoyo berperan sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kegiatan Peningkatan Pengelolaan Informasi Hukum dan Kerja Sama Keamanan dan Keselamatan Laut di lingkungan Bakamla Tahun Anggaran 2016.
(aud/dhn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed