DetikNews
2017/04/19 17:26:54 WIB

Pilgub DKI Putaran Kedua

Menanti Realisasi Janji Anies-Sandi: Rumah DP Rp 0 hingga OK OCE

Niken Purnamasari - detikNews
2 2. DP Rumah Rp 0
Halaman 3 dari 5
Menanti Realisasi Janji Anies-Sandi: Rumah DP Rp 0 hingga OK OCE Foto: Ari Saputra/detikcom

Program berikutnya dari Anies-Sandiaga yang menarik perhatian sekaligus menggiurkan adalah DP Rumah Rp 0. Sandiaga mengatakan, melalui program tersebut, warga DKI memiliki kesempatan untuk memiliki rumah, bukan hanya menyewa.

"Rumah DP Rp 0 itu sangat menarik karena memberi kesempatan kepada masyarakat untuk yang kita sebut bisa upward. Naik dari yang semula hanya bisa ngontrak jadi bisa memiliki," kata Sandiaga dalam acara Blak-blakan Anies dan Sandiaga di Markas detikcom, Kamis (5/4).

Lalu bagaimana cara warga mengikuti program ini?

Sandi mengatakan, rumah dengan DP Rp 0 tersebut berbentuk rumah susun. Nantinya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menalangi uang muka (down payment). Masyarakat tidak perlu membayar DP.

Pemohon program disyaratkan menabung Rp 2,5 juta per bulan selama 6 bulan. Hal itu untuk memastikan bahwa pemohon benar-benar memiliki kesanggupan membayar cicilan selama masa KPR.

"Jadi masyarakat nggak perlu bayar DP. Kemudian, dengan skema pembiayaan yang inovatif, rentang kreditnya kita tarik lebih panjang sampai 25 tahun. Jadi bukan untuk mencicil DP. Tapi untuk memberi kepastian saja bahwa dia benar-benar punya kemampuan untuk membayar selama KPR itu," jelas Sandi.

Sementara itu, soal lokasi untuk pembangunan rusun, Sandi mengungkapkan belum dapat menjelaskannya. Dia hanya mengatakan rusun akan dibangun di lima wilayah administratif Jakarta.

"Jadi fokus kita di hunian vertikal (rumah susun) di tanah-tanah Pemprov. Itu yang kita arahkan terutama di lima wilayah. Fokusnya di tanah Pemprov yang selama ini tidak terutilisasi (menganggur)," katanya.

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed