detikNews
Rabu 05 April 2017, 18:20 WIB

Menteri Susi Bahas Kerusakan Karang di Raja Ampat dengan DPR

Dewi Irmasari - detikNews
Menteri Susi Bahas Kerusakan Karang di Raja Ampat dengan DPR Menteri Susi (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti menghadiri rapat dengan Komisi IV DPR RI. Salah satu yang dibahas adalah rusaknya terumbu karang di Raja Ampat oleh kapal Caledonian Sky. Komisi IV DPR mendesak KKP menindaklanjuti insiden tersebut.

"KKP bersama tim gabungan telah melakukan ground check ke lokasi kejadian dan melakukan joint survey penanggulangan kerusakan oleh kapal pesiar MV Caledonian Sky," ujar Susi di ruang rapat Komisi IV di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (5/4/2017).

Susi memaparkan pihaknya telah mengambil data luas kerusakan menggunakan metode tracking GPS. Adapun luas kerusakan mencapai 18.882 meter persegi.

"Pengambilan data sosek melalui pendekatan valuasi ekonomi dengan aspek jasa ekosistem, biaya pemulihan, biaya long term monitoring untuk pulih kembali," tuturnya.

Selanjutnya, data hasil survei akan dibahas dalam pertemuan dengan para ahli kerusakan karang dan melakukan pertemuan dengan pihak kapal Caledonian Sky.

"Selanjutnya akan dilakukan pertemuan dengan asuransi kapal pesiar MV Caledonian Sky terkait komponen klaim ganti rugi," ucapnya.
(irm/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com