Kapolri Digugat ke Pengadilan Internasional, Polri: Kita Hadapi

Bartanius Dony - detikNews
Senin, 03 Apr 2017 12:55 WIB
Kombes Martinus Sitompul (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Tim pengacara Sri Bintang Pamungkas dkk berencana menggugat Kapolri Jenderal Tito Karnavian melalui pengadilan internasional. Mabes Polri menanggapi lebih baik laporan itu diuji dalam praperadilan.

"Ada baiknya bahwa pelaporan itu harusnya diuji melalui praperadilan, bukan ke mahkamah atau pengadilan internasional," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (3/4/2017).

Pihak pengacara Sri Bintang saat ini sedang mengumpulkan bukti-bukti untuk mengajukan gugatan ke pengadilan internasional. Pihaknya telah mendaftarkan gugatan ke peradilan internasional di Jenewa, Swiss, pada Februari 2017. Gugatan ini rencananya diajukan pada April 2017.

Martinus mengatakan pihak mana pun boleh menggugat ke pengadilan internasional. Institusi kepolisian pun siap menghadapi jika memang gugatan tersebut dilayangkan.

"Kalau melakukan gugatan ke mahkamah internasional, silakan saja. Tapi kita patut sadari, kita ini negara hukum, di mana warga negaranya juga diatur secara hukum," imbuhnya.

"Silakan saja (gugat ke pengadilan internasional), kami menghadapinya," pungkasnya.

Sri Bintang bersama sembilan tokoh lainnya ditangkap atas dugaan makar pada Februari lalu. Sri Bintang, Firza Husein, dan Hatta Taliwang sempat ditahan beberapa waktu sebelum akhirnya permohonan penangguhan penahanan ketiganya dikabulkan. (brt/rvk)