DetikNews
Selasa 21 Maret 2017, 00:42 WIB

Ahok Ingin Kewenangan Saksi di TPS Ditambah untuk Cegah Kecurangan

Bisma Alief Laksana - detikNews
Ahok Ingin Kewenangan Saksi di TPS Ditambah untuk Cegah Kecurangan Ahok (Foto: Grandyos Zafna-detikcom)
Jakarta - Cagub DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ingin saksi di Tempat Pemungutan Suara (TPS) mendapat kewenangan lebih besar. Ahok ingin saksi dapat juga memeriksa KTP dan C6 yang warga yang datang ke TPS.

"Makanya kita harus sepakat sekarang antar pasangan calon dan KPU, bahwa ketika orang membawa C6 harus menunjukkan KTP. Dan saksi berhak melihat KTP identitas dengan C6 sama atau tidak," kata Ahok saat ditemui di Jalan Talang, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (20/3/2017).

Ahok mengatakan hal tersebut perlu dilakukan karena bisa saja ada oknum yang main-main dengan C6. Karena itu, dia berharap agar para warga juga bisa bersama-sama menjaga TPS. Ahok mengimbau bila warga menemukan ada yang memiliki KTP dan C6 tidak cocok, maka jangan segan-segan untuk menangkap.

"C6 kalau oknumnya main bisa memberikan C6 ke orang lain. Kita juga bisa menduga seperti itu, makanya mari kita sama-sama jaga bersama. Lihat apakah C6 yang dipakai itu dengan KTP yang dibawa sama nggak. Kalau nggak sama kita tangkap bersama," imbau Ahok.

Ahok juga mengatakan bahwa saat ini dia sudah memberikan usulan soal saksi tersebut jangan ada lagi yang menolak usulan tersebut. Karena menurutnya, tidak ada salahnya untuk menanyakan soal KTP dan C6 oleh saksi di TPS.

"Begini saja, yang penting saat kita berikan usulan bukan cuma memfitnah dan menduga, saat kita lempar usulan agar ini jadi fair, adil, jangan ditolak dong dari pasangan yang lain," ujar Ahok.

"Sekarang saya tanya 'kamu keberatan ga kalau itu C6 diperlihatkan sama saksi sama KTP cocok atau tidak?' Kalau kamu keberatan, bingung kita. Kita curiga dong. Harusnya kamu ga takut kan, sama-sama dong," tutupnya.
(bis/rvk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed