DetikNews
Selasa 21 Maret 2017, 00:19 WIB

Tahanan Kabur di Lapas Riau Diserahkan Pihak Keluarga ke Petugas

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Tahanan Kabur di Lapas Riau Diserahkan Pihak Keluarga ke Petugas ilustrasi penjara (Foto: andi saputra-detikcom)
Pekanbaru - Seorang tahanan kasus narkoba yang dititip di Lapas di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Riau sempat kabur. Belakangan pihak keluarga tersangka menyerahkan pelaku ke Lapas.

Demikian disampaikan, Paur Humas Polres Rohil, Aiptu Yusran Pangeran kepada wartawan, Senin (20/3/2017). Yusran menjelaskan, tersangka adalah Asrianto (41) warga Kecamatan Bangko, Rohil. Dia kabur dari Lapas sekitar pukul 05.00 WIB. Tersangka merupakan tersangka kasus narkoba tahanan Polsek Bangko yang dititip di Lapas.

Kaburnya tahanan ini, kata Yusran, saat pagi hari memanfaatkan momen masuknya sembako ke dalam Lapas. Padahal dia tahanan yang kondisi sakit yang harus diisolasi.

"Ketika bahan sembako masuk, tahanan tersebut mengambil baju bertuliskan WBP yang merupakan baju seragam para Napi yang berkelakuan baik dan memasuki masa orientasi," kata Yusran.

Dengan mengenakan baju tersebut, kata Yusran, pelaku pun berjalan bersamaan petugas dapur yang melansir bahan sembako. Petugas jaga pun terkecoh dengan seragam yang dipakai Asrianto tersebut.

"Asrianto berpura-pura membantu melansir sembako. Saat itu tentunya pintu depan tahanan dalam kondisi terbuka. Dengan memanfaatkan kelengahan petugas jaga, akhirnya tahanan tersebut kabur mengecoh petugas jaga dengan menggunakan seragam tahanan berkelakuan baik," kata Yusran.

Kaburnya tahanan tersebut, kata Yusran sempat membuat heboh di Lapas. Petugas pun lantas memburu pelaku pagi itu. Namun tahanan tersebut berhasil melarikan diri.

Tetapi pada sore hari, kata Yusran, ternyata tahanan tersebut melarikan diri ke rumah keluarganya. Belakangan pihak keluarga justru meminta agar tersangka Asrianto menyerahkan diri.

"Pihak keluarganya langsung menghubungi Lapas untuk menjemput tahanan tersebut. Petugas Lapas pun datang, dan akhirnya tahanan tersebut diserahkan," tutup Yusran.
(cha/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed