DetikNews
Senin 20 Maret 2017, 22:45 WIB

Mobil Kepresidenan Jumlahnya 10, Ada Sedan, Jip, dan Limosin

Ray Jordan - detikNews
Mobil Kepresidenan Jumlahnya 10, Ada Sedan, Jip, dan Limosin Mobil Presiden Jokowi yang mogok (Foto: dok. Biro Pers Setpres)
Jakarta - Mobil kepresidenan yang dimiliki oleh negara ternyata berjumlah 10 unit. Mobil VVIP tersebut digunakan oleh Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala mengatakan, jenis Mercedes-Benz S600 Guard, yang biasa digunakan Presiden Jokowi dalam berkegiatan, termasuk saat mogok pada Sabtu (18/3) lalu, berjumlah tujuh unit. Mobil ini juga digunakan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam bertugas.

"Ada tujuh unit. Termasuk juga dipakai oleh Wapres," kata Darmansjah saat dihubungi, Senin (20/3/2017).

Ternyata mobil yang digunakan Presiden dan Wakil Presiden tak hanya Mercedes-Benz S600 Guard saja. Ada juga jenis jip dan limosin. Semua mobil tersebut merupakan pabrikan Mercedes-Benz alias Mercy. "Itu kemarin tidak fatal, tidak rusak, cuma akselerasinya melemah. Jelas terjadi pelemahan akselerasi. Nggak primalah. Istilahnya faktor umur. Diinjak gas tidak lari," kata Djumala.

"Limusin 1, jip Mercy 2," kata Djumala.

Sebelumnya, Djumala mengatakan, mobil-mobil VVIP/kepresidenan semuanya mendapatkan pengecekan dan perawatan rutin. Termasuk mobil Mercedes-Benz S600 yang mogok saat perjalanan di Mempawah menuju Kubu Raya di Kalimantan Barat, Sabtu (18/3). Mobil yang mogok tersebut sebenarnya dalam kondisi laik jalan namun ada kendala di bagian setting gas, sehingga mobil tidak bisa melaju dengan normal.

"Itu kemarin tidak fatal, tidak rusak, cuma akselerasinya melemah. Jelas terjadi pelemahan akselerasi. Nggak primalah. Istilahnya faktor umur. Diinjak gas tidak lari," kata Djumala.

"Itu bagus untuk ukuran VVIP, masih laik. Diperiksa rutin, semua berkala," ucapnya.
(jor/rvk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed