NasDem Usung Jokowi di 2019, PDIP: Gongnya di Kami

Elza Astari Retaduari - detikNews
Senin, 20 Mar 2017 17:19 WIB
Hendrawan Supratikno (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Partai NasDem mengisyaratkan kembali akan mengusung Joko Widodo dalam Pilpres 2019. Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno menilai itu masih terlalu jauh dan menganggap gong ada di partainya.

"Seperti yang lalu, yang sudah-sudah, PDIP biasanya menjadi gongnya," ungkap Hendrawan dalam perbincangan dengan detikcom, Senin (20/3/2017).

Meski begitu, PDIP merasa sangat senang apabila ada partai lain yang ingin mengusung kadernya itu. Dengan demikian, Jokowi memang terbukti telah bekerja dengan baik sehingga partai pendukung lain ingin kembali mengusungnya.

"Bagus. Kami bergembira, banyak pihak telah mengapresiasi kinerja Jokowi. Sebelumnya ada Golkar dan sejumlah ormas," ucap Wakil Ketua Fraksi PDIP itu.

Golkar sendiri memang sudah terlebih dahulu menyatakan dukungannya untuk Jokowi dalam Pilpres 2019. PDIP sendiri belum pada keputusan apakah akan kembali mengusung Jokowi untuk periode kedua karena masih menunggu keputusan sang ketum, Megawati Soekarnoputri.

"Sekarang masih agak jauh. Putusan soal itu sepenuhnya kewenangan Ketum. Tapi seperti yang sudah-sudah, mereka yang cerdas mampu memahami lika-liku dan proses yang dilalui," kata Hendrawan.

"Politik modern adalah politik logika, politik akal sehat. Tanpa itu, kita akan bergulat dalam involusi demokrasi. Demokrasi hanya bermanfaat apabila ada prakondisi menghargai sekaligus mengarusutamakan akal sehat dan politik persaudaraan," sambung anggota Komisi XI tersebut.

Sebelumnya NasDem menyampaikan keputusan mendukung Joko Widodo dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019. Hal itu ditegaskan oleh NasDem saat mendeklarasikan dukungan untuk Ridwan Kamil sebagai bakal calon Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023.

Ketua Umum NasDem Surya Paloh mengatakan ada 3 kesepakatan antara partainya dan Ridwan Kamil jika nanti memenangi Pilgub Jabar. Pada kesepakatan ketiga, NasDem meminta Ridwan kamil mempercepat peningkatan hasil-hasil pembangunan di Jabar. Hal ini dimaksudkan agar tumbuh optimisme pada warga Jawa Barat dan akhirnya mendukung kembali Jokowi di Pilpres 2019.

"NasDem mengharapkan Ridwan Kamil mampu mempercepat peningkatan hasil-hasil pembangunan yang ada di Jabar ini. Yang menimbulkan rasa optimisme masyarakat yang lebih kuat, hingga akhirnya masyarakat memberikan satu keyakinan pada dirinya pada Pilpres 2019 yang akan datang mendukung kembali Presiden Jokowi untuk menjadi calon presiden," ujar Paloh, Minggu (19/3). (elz/imk)