Harapan Penumpang soal Underpass Stasiun Manggarai

Akhmad Mustaqim - detikNews
Senin, 20 Mar 2017 13:33 WIB
Foto: Akhmad Mustaqim/detikcom
Jakarta - Stasiun Mangggarai kini punya underpass yang mempermudah penyeberangan antarperon. Di media sosial, underpass ini ramai diperbincangkan. Sebab, disebut-sebut underpass Stasiun Manggarai mirip dengan yang ada di luar negeri.

detikcom mencoba langsung menyusuri underpass di Stasiun Manggarai, Senin (20/3/2017). Pembangunan underpass ini dilakukan di bawah PT KAI.

"Pengerjaan underpass di bawah PT KAI Daop 1," ujar Pejabat Humas PT KAI Commuter Jabodetabek Eva Chairunisa kepada detikcom, Senin (20/3).




Di setiap peron terdapat tangga yang menghubungkan satu sama lain. detikcom masuk melalui underpass yang terdapat di peron 1. Begitu menuruni anak tangga, terlihat ada papan informasi yang menampilkan tujuan kereta di setiap peron.

Peron 1 dan 2 untuk Commuter Line dengan tujuan Bekasi dan Jakarta Kota. Sedangkan peron 3, 4, 5, dan 6 untuk Commuter Line ke Bekasi, Tanah Abang, Duri, Depok, dan Bogor. Pada papan informasi juga terdapat penunjuk arah bagi penumpang.

detikcom mewawancarai penumpang yang melewati underpass. Salah satunya Silvia, yang merupakan mahasiswa perguruan tinggi. Dia mengatakan menyeberangi peron lewat underpass lebih memudahkannya. Kendati begitu, Sylvia menilai masih ada beberapa kekurangan.

"Menggunakan jalur kereta bawah tenang lebih cepat. Kalau lewat atas lama. Harapan ke depannya ada musala, toilet, dan eskalator," kata Sylvia.

Sementara itu, Robi (35), yang merupakan pegawai swasta, mengungkapkan underpass tersebut membantunya menyeberangi peron lebih cepat. Dari segi desain, bagi Robi, tidak ada yang begitu menarik.

"Biasa saja. Cuma lebih cepat dan terbantu dengan adanya underpass," kata Robi. (nkn/erd)