DetikNews
Senin 20 Maret 2017, 12:33 WIB

Polisi: Bagi yang Lihat Orang Gila Berkeliaran, Infokan ke Kelurahan

Bartanius Dony - detikNews
Polisi: Bagi yang Lihat Orang Gila Berkeliaran, Infokan ke Kelurahan Orang gila tidur di sawah/Foto: Dokumentasi Humas Polres Kebumen
FOKUS BERITA: Orang Gila Korban Hoax
Jakarta - Polisi menyoroti maraknya kasus penganiayaan terhadap orang gila atau pengidap gangguan jiwa karena dipicu isu penculikan. Apabila ada warga yang melihat orang gila, polisi meminta warga melapor ke aparat.

"Terhadap warganegara Indonesia yg mengalami gangguan kejiwaan, hendaknya kita tidak membiarkannya berkeliaran," kata Kabagpenum Polri Kombes Martinus Sitompul kepada wartawan, Senin (20/3/2017).



Masyarakat yang mengetahui ada warga yang berkeliaran, bisa menghubungi ke Ketua RT/RW terdekat. Atau bisa ke kelurahan.

"Atau ke kecamatan yang seterusnya diserahkan ke dinas sosial setempat," ujar Martinus.

Terkait dengan aksi penganiayaan kepada orang dengan gangguan jiwa itu, Martinus mengatakan masyarakat tidak boleh main hakim sendiri.

Baca Juga: Nasib Orang Gila Korban Hoax Culik Anak: Dihajar dan Tewas Dihakimi

"Aksi main hakim sendiri tidak dibenarkan secara hukum, apalagi dilakukan terhadap seseorang yang sama sekali tidak bersalah," tutur Martinus.

Martinus mengingatkan, ada sanksi khusus bagi mereka yang main hakim sendiri. Tindakan tersebut masuk dalam delik pidana.

"Terhadap para pelaku main hakim dengan melakukan perbuatan melawan hukum, maka akan dapat dikenakan sanksi hukum pidana," kata Martinus.
(fjp/fjp)
FOKUS BERITA: Orang Gila Korban Hoax
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed