Nasib Orang Gila Korban Hoax Culik Anak: Dihajar dan Tewas Dihakimi

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Senin, 20 Mar 2017 12:01 WIB
4.

Surabaya

Nasib Orang Gila Korban Hoax Culik Anak: Dihajar dan Tewas Dihakimi
Foto: Kerumunan orang di lokasi (Imam Wahyudianta/detikcom)


Seorang perempuan menjadi korban amuk massa di Jalan Hang Tuah VIII, Semampir, Surabaya. Perempuan bertubuh cukup gemuk itu dituduh warga sebagai penculik anak.

"Warga menuduh perempuan itu berusaha menculik anak salah seorang warga sehingga warga marah," kata Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak AKP Ardian Satrio Utomo saat dihubungi detikcom, Sabtu (18/3/2017).

Amuk massa, kata Ardian, berawal saat warga menyebar isu bahwa seorang perempuan asing berjaket hijau sedang menuntun anak kecil yang merupakan anak salah seorang warga. Setelah ditemukan, perempuan itu digelandang. Warga sempat memukulinya. "Ada kalau sekitar 500 warga yang berkerumun," kata Ardian.

Mendengar keramaian itu, polisi datang ke lokasi mengamankan perempuan itu. Polisi yang melakukan penyelidikan menemukan bahwa tuduhan warga itu tidak benar. Perempuan yang dituduh telah menculik anak itu ternyata seorang pengemis.

"Setelah bertanya ke para saksi, tidak benar kalau perempuan itu menuntun anak kecil. Saksi hanya melihat perempuan itu hanya mengelus-elus kepala anak kecil yang memberinya uang. Tak ada warga yang berani dimintai keterangan ke kantor (polisi) kalau dia menyaksikan perempuan itu sedang menuntun anak," lanjut Ardian.