DetikNews
Kamis 16 Maret 2017, 16:25 WIB

Soetrisno Bachir: Perjuangan KH Hasyim Muzadi Sangat Konsisten

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Soetrisno Bachir: Perjuangan KH Hasyim Muzadi Sangat Konsisten Soetrisno Bachir di pemakaman KH Hasyim Muzadi. (Kanavino Ahmad Rizqo/detikcom)
Jakarta - Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Soetrisno Bachir mengatakan perjuangan KH Hasyim Muzadi sangat konsisten. Perjuangan yang dimaksud adalah perjuangan dalam mengisi paradigma dan pandangan Islam di Indonesia.

"Insyaallah beliau khusnul khatimah karena kami ini saksi-saksi dari perjuangan beliau yang sangat konsisten. Dialah ulama, kiai, cendekiawan yang mengisi satu fenomena atau paradigma, pandangan umat Islam Indonesia seperti sekarang ini," kata Sutrisno di Pesantren Al-Hikam, Jl H Amat, Kukusan, Beji, Depok, Kamis (16/3/2017).

Sutrisno kemudian menceritakan pengalamannya saat menjadi pengurus Muhammadiyah. Dia sering berinteraksi dan mengundang Kiai Hasyim untuk menjadi pemateri dalam pengajian Muhammadiyah.

"Kami ini yang kebetulan pengurus Muhammadiyah. Sering pengajian Muhammadiyah, pembicaranya itu Kiai Hasyim," ujarnya.

Dia berharap hubungan Muhammadiyah dan NU bisa baik seperti saat Kiai Hasyim memimpin. Hal itu disampaikan karena kedua ormas besar ini adalah ormas Islam besar yang mempunyai pengaruh sangat besar bagi Indonesia.

"Jadi hubungan NU dan Muhammadiyah bisa berjalan seperti Pak Hasyim Muzadi pimpin, karena ini dua ormas Islam besar yang moderat, ummatan wassatan, yang itu bisa meng-guidance bagaimana bangsa ini bisa survive atau maju," imbuhnya.

Terakhir, Sutrisno mengingat pesan yang disampaikan oleh Kiai Hasyim saat berkunjung ke Pesantren Al-Hikam. Pesan itu adalah mengimbau Sutrisno membimbing para juniornya agar bisa berwirausaha.

"Dia menekankan kepada saya bagaimana membimbing para juniornya untuk menjadi pengusaha, termasuk yang disekolahkan ke luar negeri, bagaimana mereka ini berusaha," ucapnya.
(knv/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed