Kapolri Minta Jajaran Tingkatkan Kinerja untuk Raih Public Trust

Bartanius Dony - detikNews
Rabu, 15 Mar 2017 10:04 WIB
Kapolri Jenderal Tito Karnavian (Bartanius Dony A/detikcom)
Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengumpulkan jajaran humas dari seluruh Polda dalam acara Rapat Kerja Teknis (Rakernis). Tito berpesan agar anggota Polri memperbaiki kultur baik untuk membangun kepercayaan publik.

Acara pembukaan Rakernis Humas Polri itu digelar di Rupatama Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Rabu (15/3/2017). Dalam acara itu, hadir Kepala Bidang Humas dari 33 Polda seluruh Indonesia, termasuk Kadiv Humas Polri Irjen (Pol) Boy Rafli Amar.

Kapolri Minta Jajaran Tingkatkan Kinerja untuk Raih Public TrustRakernis di Rupatama Mabes Polri (Bartanius Dony A/detikcom)

"Perbaikan kultur masih lambat. Nah ini berpengaruh dalam membangun image Polri. Perbaikan kinerja ini juga tidak gampang," ujar Tito di hadapan peserta Rakernis.

Tito menjelaskan Polri adalah lembaga terbesar kedua setelah TNI. Maka itu, perbaikan kultur dan kinerja Polri tidak bisa dengan cepat dilakukan.

Dalam membangun kepercayaan publik terhadap Polri, Tito mengaku peran media massa sangat besar. Dia bercerita kepercayaan publik terhadap Polri meningkat saat berhasil mencegah aksi teror pada akhir tahun. Namun kepercayaan publik juga mulai turun ketika pelaku penembakan mahasiswa di Jember adalah polisi.

Acara ini juga dihadiri oleh beberapa pimpinan media massa. Rencananya, Polri akan memberikan penghargaan kepada pimpinan media masa tersebut.

"Kalau ingin cepat untuk meningkatkan public trust, harus berteman dengan media," kata jenderal bintang empat ini. (brt/fjp)