DetikNews
Senin 13 Mar 2017, 13:41 WIB

Din Syamsuddin: Mengurus Jenazah Itu Fardu Kifayah bagi Umat Islam!

Ray Jordan - detikNews
Din Syamsuddin: Mengurus Jenazah Itu Fardu Kifayah bagi Umat Islam! Foto: Ari Saputra/detikcom
Jakarta - Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin bicara soal adanya larangan menyalatkan jenazah. Din menegaskan hukum mengurus jenazah seorang muslim adalah fardu kifayah alias wajib.

"Saya berpendapat bahwa menyelenggarakan jenazah sesama muslim sejak dari memandikannya, mengafani, dan menyalatkannya hingga ke pemakamannya itu adalah fardu kifayah, yang harus dilakukan oleh umat Islam. Tentu tidak secara keseluruhan, yang penting ada dari umat muslim itu," kata Din saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (13/3/2017).

Din pun mengimbau umat muslim menjalankan fardu kifayah ini dengan benar. Untuk diketahui, fardu kifayah dalam ajaran agama Islam adalah status hukum yang wajib dilakukan. Namun, bila sudah dilakukan oleh muslim yang lain, kewajiban ini gugur.

"Maka oleh karena itu, umat Islam saya imbau supaya fardu kifayah ini bisa kita jalankan," katanya.

Din melanjutkan, jika ada warga yang tidak bersedia menyalatkan jenazah seorang muslim, hukum fardu kifayah ini pun berlaku.

"Kalau ada yang tidak bersedia karena alasan-alasan tertentu ya silakan saja, fardu kifayah. Kan pasti ada umat Islam lain yang berkesempatan, paling tidak keluarga terdekat," katanya.
(jor/erd)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed