DetikNews
Jumat 10 Maret 2017, 14:54 WIB

Anies Dilaporkan ke KPK, Sandiaga: Saya Yakin Beliau Tak Bersalah

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Anies Dilaporkan ke KPK, Sandiaga: Saya Yakin Beliau Tak Bersalah Sandiaga Uno (Fida/detikcom)
Jakarta - Mantan Mendikbud Anies Rasyid Baswedan dilaporkan ke KPK atas dugaan penyimpangan dana Frankurt Book Fair 2015. Sandiaga yakin Anies tidak bersalah dalam kasus tersebut.

"Saya yakin Mas Anies tidak bersalah, dia pernah jadi Ketua Komite Etik KPK kok, sebagai panitia seleksi tahu tak boleh kompromi dengan kegiatan korupsi," ujar Sandiaga di kawasan Tanah Tinggi, Jakarta Pusat, Jumat (10/3/2017).

Baca Juga: Anies Dilaporkan ke KPK soal Penyimpangan Pameran Buku Frankfurt

Sandiaga mengatakan kasus yang menimpa Anies merupakan risiko dalam pencalonannya di pilkada. Dia ingin aparat mengusut dengan cepat dan transparan agar masyarakat mengetahui kebenaran kasus tersebut.


"Yang jelas, dalam kontestasi politik, harus siap hadapi hukum, mungkin dipas-paskan timing-nya, kita nggak boleh suudzon, mungkin ini cara masyarakat memastikan pemimpinnya bersih, jadi saya dorong KPK. Tapi kalau kasus besar harus segera diproses agar masyarakat tahu pemimpinnya harus benar-benar bersih," katanya.

Baca Juga: Dilaporkan ke KPK, Anies: Harap Sabar Ini Ujian
Sebelumnya diberitakan, Anies Baswedan dilaporkan ke KPK atas dugaan penyimpangan penggunaan dana dalam pameran Frankfurt Book Fair 2015. Laporan tersebut dibuat oleh Andar Mangatas Situmorang pada Kamis (9/3) kemarin. Pihak KPK pun mengonfirmasi adanya laporan itu. Menurut KPK, semua laporan yang masuk akan ditelaah lebih lanjut.

Anies Baswedan juga enggan mengomentari tentang laporan terhadap dirinya ke KPK. Menurutnya, laporan itu lebih baik dijelaskan oleh pihak pelapor.

"Sebenarnya lebih baik yang jelasin yang lapor ya. Saya juga nggak tahu apa yang dilaporin apa, dan hari gini sudah mau pilkada ada muncul laporan-laporan yang macam-macam. Ya saya ya Sandi, lucu-lucu saja itu. Biarlah yang melapor yang menjelaskan," kata Anies seusai salat Jumat di Masjid Al-Mughni, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat (10/3).

Cagub yang berpasangan dengan Sandiaga Uno itu juga mempersilakan masyarakat melihat laporan keuangan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang saat itu dipimpinnya. Menurut Anies, kalau ada penyimpangan, pasti sudah diproses sejak hal itu terjadi.

"Kalau anggaran, silakan lihat di laporan BPK itu bisa dilihat. Kadang-kadang kita lihat hanya ukurannya saja nggak lihat kegiatannya. Kalau korupsi bukan pada ukuran, tapi dilihat di mana dikorupsi. Menurut saya, yang harus jelasin yang melaporkan. Kalau ada masalah, BPK harusnya lapor dari kemarin-kemarin. Kalau BPK nggak ada laporan, ya dari mana laporannya," jelas Anies.


(fdu/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed