DetikNews
Senin 06 Maret 2017, 16:02 WIB

Hadiah Raja Saudi dari Masa ke Masa: Untuk Sukarno hingga Obama

Niken Purnamasari - detikNews
Hadiah Raja Saudi dari Masa ke Masa: Untuk Sukarno hingga Obama Foto: Mandel Ngan/AFP
Jakarta - Raja-raja Arab Saudi dalam kunjungan kenegaraan tak absen dalam memberikan cendera mata istimewa kepada para petinggi negara. Hal itu sudah menjadi tradisi untuk menghargai tuan rumah yang telah menyambut.

Selain itu, pemberian hadiah atau cendera mata sekaligus menjadi penanda kunjungan yang telah dilakukan.

Cendera mata yang diberikan pun bukan sembarangan. Sebab, barang-barang cendera mata tersebut bernilai mewah dan dianggap mencerminkan kemewahan.

Seperti yang pernah diberikan Kerajaan Arab Saudi kepada Presiden RI pertama Sukarno. Ketika beribadah haji pada 1955, tokoh proklamator itu diberi fasilitas berupa mobil Fiat Chrysler Crown Imperial dari Raja Saud bin Abdulaziz.


Sukarno dan Raja Saud.Sukarno dan Raja Saud. Foto: Dok. King sSaud Foundation (kingsaud.org)

Mobil sedan tersebut menjadi yang paling mahal di kelasnya dan menjadi tunggangan para pemimpin dunia kala itu. Begitu akan pulang ke Indonesia, Raja Saud memberikan mobil tersebut kepada Sukarno.

"Ketika aku akan kembali ke Tanah Air, Raja Arab Saudi mengatakan, 'Presiden Sukarno, mobil Chrysler Crown Imperial ini telah Anda pakai selama berada di sini. Dan sekarang saya menyerahkannya kepada Anda sebagai hadiah," ujar Sukarno mengulang kembali ucapan Raja Saud, dalam buku 'Penyambung Lidah Rakyat'.

Sukarno, yang memang telah 'jatuh hati' kepada Fiat Chrysler Crown Imperial tersebut, menerima dengan senang hati. "Sudah tentu aku tidak akan menentang kebiasaan itu. Selain itu, aku sudah sudah tertarik pada Chrysler ini sejak pertama kali melihatnya," ungkap Sukarno.

Cendera mata bernilai miliaran rupiah dari Raja Saudi juga pernah diterima oleh Presiden Amerika Serikat Barack Obama pada 2015.


Obama dan Raja AbdullahObama dan Raja Salman. (Jim Watson/AFP)


Saat Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud berkunjung ke Amerika pada September 2015, ia memberikan cendera mata kepada Obama berupa patung kuda. Yang membuat patung kuda tersebut bernilai fantastis adalah materialnya yang terbuat dari perak dan berlapis berlian, safir kuning, rubi, dan batu obsidian. Obama juga mendapat satu set alat golf yang harganya ditaksir mencapai Rp 6,9 miliar.

Pemberian cendera mata mewah itu bukan pertama kali yang diterima oleh Obama. Saat menerima kunjungan Raja Saudi sebelumnya, yakni Raja Abdullah, pada 2014, Obama menerima jam tangan yang terbuat dari emas, yang harganya diperkirakan mencapai Rp 243 juta.

Selain itu, Obama mendapat replika menara jam Mekah berlapis emas dengan harga Rp 761 juta dan jam tangan yang terbuat dari emas putih seharga Rp 894 juta.

Hillary Clinton, yang pernah menjabat menteri luar negeri di era kepemimpinan Obama, juga pernah mendapat hadiah dari Raja Abdullah. Pada 2012, Hillary menerima hadiah mewah berupa perhiasan emas yang terdiri dari kalung, gelang, cincin, dan anting. Nilainya mencapai jutaan dolar AS.


Hillary Clinton dan Raja Abdullah. Hillary Clinton dan Raja Abdullah. (Dok. Associated Press)


Cendera mata istimewa nan fantastis harganya juga pernah diberikan Raja Abdullah kepada Paus Benediktus XVI saat berkunjung ke Vatikan pada 2007.

Raja Abdullah memberikan pedang emas dan perak bertatahkan permata. Selain pedang emas, sang Raja mempersembahkan patung emas bergambar pohon palem dengan seorang pria yang tengah menunggangi unta kepada Paus Benediktus.


Kerajaan Arab Saudi memberi cenderamata berupa pedang berwarna kuning emas kepada Polri.Kerajaan Arab Saudi memberikan cendera mata berupa pedang berwarna kuning emas kepada Polri. (Istimewa)


Sedangkan baru-baru ini, Kerajaan Arab Saudi memberi cendera mata berupa pedang berwarna kuning emas kepada Polri. Pedang tersebut memiliki nilai setara dengan emas.



(nkn/fjp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed