Jelang HUT, Kopassus Gelar Ajang Lomba Lari 'Komando Warriors '

Jelang HUT, Kopassus Gelar Ajang Lomba Lari 'Komando Warriors '

Elza Astari Retaduari - detikNews
Rabu, 01 Mar 2017 02:42 WIB
Foto: Dok.  Kopassus
Foto: Dok. Kopassus
Jakarta - Jelang HUT, Kopassus kembali menggelar lomba lari bagi masyarakat umum. Lomba lari 5K untuk HUT Kopassus ke-65 ini akan berbeda dengan lomba lari biasa. Mengapa?

Melalui Komando Warriors, Kopassus mengajak masyarakat untuk bisa merasakan olahraga khas TNI. Kompetisi olahraga yang didesign oleh Kopassus itu dibuat menantang namun tetap aman dan menyenangkan.

Komando Warriors akan diselenggarakan pada 2 April 2017 nanti di Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur. Nantinya di sepanjang rute lari 5K, peserta akan disuguhi tantangan halang rintang (military obstacles) and CrossFit ala militer.

Di sekitar race location, nantinya nuansa militer pasukan khusus akan sangat terlihat. Tak hanya itu, sejumlah hiburan juga disiapkan di lokasi lomba. Kopassus akan menyediakan nuansa militer pasukan khusus bagi finisher. Seperti special force photo booth dan beberapa pameran lain dari Kopassus, TNI AD, maupun sponsor.

"Acara ini terbuka untuk umum dan bagi siapa saja yang ingin mencoba serta menyukai tantangan," ungkap Event Director Komando Warriors 2017, Fardhan Khan dalam keterangan tertulis Kopassus, Selasa (28/2/2017).

Lomba lari 5K yang digelar Kopassus kali ini mengusung tema 'The Rise of The Warriors'. Jika sebelumnya lomba lari Kopassus berkonsep Komando Run, tahun ini kali pertamanya korps baret merah itu mengadakan Komando Warriors.

Kopassus menggelar Komando Warriors mengingat pola hidup masyarakat urban yang belakangan identik dengan kesibukan. Olahraga dianggap sebagai kebutuhan penting namun sulit dilakukan karena pola hidup tersebut.

Dengan memanfaatkan sempitnya waktu untuk berolahraga, Kopassus pun mendesign kompetisi olahraga yang menarik ini. Selain aman dan menyenangkan, olahraga ini diharapkan juga bisa mengembangkan budaya berolahraga, khususnya olahraga yang merupakan kombinasi cardio and muscles building tersebut.

"Olahraga ini pun sangat efektif bagi mereka yang sedang program Fat Loss," tutur Ketua Panitia Komando Warriors, Mayor Inf Viliala Romadhon, dalam keterangan tertulis yang sama.

Komando Warriors juga akan menyiapkan hadiah menarik bagi peserta sesuai dengan kategori pemenang. Kategori yang dilombakan yaitu Kategori Individu Putra, Individu Putri, Grup Putra dan Grup Putri.

Pendaftaran sudah dibuka melalui online di http://www.komando-warriors.com/ hingga 31 Maret mendatang. Namun ada juga pendaftaran langsung yang akan dibuka panitia di Bodytec, Kemang, Jakarta Selatan, pada 30-31 Maret 2017 mulai dari pukul 08.00-21.00 WIB.

Untuk mendukung race tersebut, Kopassus akan terlebih dahulu mengadakan acara pendahuluan. Acara itu dikemas dalam bentuk Road to KoWar 2017 Training Camp pada 12 dan 26 Maret di halaman FX Sudirman, Jakarta. Pendahuluan tersebut adalah ajang olahraga dan latihan bersama Kopassus dan Komunita serta masyarakat.

Happy Race! (elz/ams)