Soal Aksi 212, Ketua DPR: Kami Selalu Menerima Aspirasi Rakyat

Andhika Prasetia - detikNews
Selasa, 21 Feb 2017 18:32 WIB
Ketua DPR Setya Novanto (Gibran Maulana Ibrahim/detikcom)
Jakarta - Ketua DPR Setya Novanto angkat suara mengenai aksi 212 di depan kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, yang baru saja usai. Novanto bersyukur aksi 212 berjalan dengan tertib.

"Kita semua tentunya bersyukur bahwa unjuk rasa, aksi damai, di depan gedung DPR RI yang berlangsung hari ini berjalan lancar, tertib, aman, dan damai," ujar Novanto kepada wartawan, Selasa (21/2/2017).

Saat aksi, perwakilan Komisi III DPR menemui langsung massa di lapangan. Mereka berjanji akan menindaklanjuti aspirasi yang disampaikan saat demo.

"Menurut saya, hal ini merupakan tradisi yang sangat baik dan harus dicontoh oleh seluruh warga negara Indonesia yang ingin menggunakan haknya, dalam hal ini menyampaikan aspirasi dan mengemukakan pendapat di muka umum, meski hak tersebut dilindungi oleh UU dan konstitusi," terang Ketum Golkar tersebut.

Novanto mengimbau agar kasus yang berkaitan dengan hukum diserahkan kepada domainnya. Ia tidak ingin kasus hukum dicampuradukkan dengan politik.

"Karena itu, sebaiknya seluruh persoalan yang berkaitan dengan hukum diselesaikan dengan mekanisme hukum yang berlaku. Tidak justru mencampuradukkannya dengan mekanisme politik, apalagi sampai mempolitisasi proses yang sedang berlangsung," ujar Novanto.

Aksi 212 di depan Kompleks Parlemen, Selasa (21/2).Aksi 212 di depan kompleks parlemen, Selasa (21/2). (Lamhot Aritonang/detikcom)
Novanto berterima kasih kepada peserta aksi yang menyampaikan aspirasi secara damai. Ia menilai massa mempersilahkan saat perwakilan dari DPR berbicara ketika aksi berlangsung.

"Hal ini dapat kita lihat dan rasakan saat pimpinan dan anggota Komisi III DPR yang beberapa di antaranya dinilai berbeda cara pandang dengan pengunjuk rasa, namun diterima dan dipersilakan berbicara di tengah massa, oleh saudara kita yang berunjuk rasa," jelas Novanto.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan, dan Pangdam Jaya Mayjen Teddy Lhaksmana sempat memastikan pengamanan di kompleks parlemen. Oleh karena itu, Novanto menyampaikan rasa terima kasih karena keamanan terjaga.



"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh petugas keamanan, dalam hal ini Polri dan TNI, yang sangat baik menjaga jalannya unjuk rasa yang disuarakan oleh saudara-saudara kita, sehingga aksi tersebut berjalan lancar, aman, dan damai," ucapnya.

"Saya lihat Kapolri Jenderal Tito Karnavian ditemani oleh Kapolda Irjen M Iriawan dan Pangdam Jaya Mayjen Teddy Lhaksmana," lanjut Novanto.

DPR berjanji akan menindaklanjuti seluruh aspirasi rakyat. "Sebagai wakil rakyat, kami akan selalu mendengar dan menerima beserta menindaklanjuti seluruh aspirasi rakyat, sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku," tambah Novanto. (dkp/elz)