DetikNews
Sabtu 18 Feb 2017, 00:31 WIB

Berantas Narkoba, Bea Cukai RI Jalin Kerja Sama dengan Hong Kong

Haris Fadhil - detikNews
Berantas Narkoba, Bea Cukai RI Jalin Kerja Sama dengan Hong Kong Foto: Dok. istimewa
Jakarta - Perwakilan Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea dan Cukai menandatangani Customs Cooperation Arrangement (CCA) dengan Hong Kong Customs and Excise Department. Terdapat beberapa kesepakatan dalam perjanjian kerja sama tersebut salah satunya adalah tentang pemberantasan peredaran narkotika.

"Peningkatan dan perluasan kerja sama di bidang pemberantasan peredaran narkotika, melalui pertukaran informasi modus-modus operandi terbaru, tren penyelundupan, serta koordinasi operasi dan investigasi," tulis Ditjen Bea dan Cukai dalam keterangannya yang diterima detikcom, Jumat (17/2/2017).

Berikutnya, terdapat kesepakatan kerja sama di bidang Intellectual Property Right (IPR) Protection atau Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual (HKI), di mana Hong Kong Customs berjanji akan membantu Bea Cukai dalam rangka persiapan implementasi penegakan hukum atas IPR. Perlindungan itu terutama dilakukan dalam rangka Sistem Aplikasi Rekordation dan Public Education Activities melaui beberapa program kreatif untuk menanamkan kepedulian terhadap perlindungan HKI kepada masyarakat, serta kerja sama dalam hal pengawasan dan penegakan hukum terhadap pelanggaran HKI.

"Kerja sama selanjutnya adalah sharing pengetahuan terkait good governance," lanjut keterangan itu.

Menurut keterangan tersebut, good governance tidak hanya menjadi pilar keberhasilan dan kemajuan Hong Kong Customs, namun juga menjadi salah satu kunci utama keberhasilan Hong Kong. Hal penting yang menjadi pilar dalam good governance adalah strong citizen dan integritas.

"Apabila suatu institusi ingin maju dan berkembang, maka seluruh pegawainya harus memiliki integritas yang tinggi terhadap institusi maupun negaranya. Kerja sama ini sangat penting, mengingat saat ini Bea Cukai sedang melakukan reformasi," jelas keterangan tersebut.

Kemudian terdapat pengembangan kerja sama di bidang marine customs patrol melalui study comparative terkait sistem komando, sistem operasional kapal, dan peralatan perlengkapan keperluan kapal patroli. Terakhir, terbukanya kesempatan kepada Bea Cukai untuk melakukan on job training terkait pengawasan e-commerce.

"Hal ini dipandang positif terhadap rencana kebijakan Bea Cukai untuk mengenakan bea masuk dan pajak dalam rangka impor, yang diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada industri kecil dan menengah berkembang dan menjadi tuan di negeri sendiri," tulis keterangan itu.
(HSF/rna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed