DetikNews
Jumat 17 Februari 2017, 20:56 WIB

Bakal Dilaporkan ke DKPP, Ketua KPUD Kota Tangerang: Saya Netral

Indah Mutiara Kami - detikNews
Bakal Dilaporkan ke DKPP, Ketua KPUD Kota Tangerang: Saya Netral Foto: Ari Saputra/detikcom
Jakarta - Tim pemenangan Rano Karno-Embay Mulia Syarief menyoroti foto Ketua KPUD Kota Tangerang Sanusi Pane dengan roti berlogo Wahidin Halim dan akan mengadukan Sanusi ke DKPP. Sanusi kemudian memberi penjelasan.

"Itu foto tahun 2011, saat saya jadi wartawan. Itu salah satu alat bukti dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan calon saat itu dan saya bawa ke kantor untuk dijadikan berita," kata Sanusi saat dihubungi detikcom, Jumat (17/2/2017).

Sanusi menuturkan selalu berlaku netral selama menjadi pimpinan di KPUD Kota Tangerang. Hal itu juga berlaku bagi komisioner lainnya.

"Sejak saya di KPU, saya kan harus berintegritas dan netral. Semua (di KPUD Kota Tangerang) netral," ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, timses Rano-Embay mengatakan foto Sanusi Pane di akun Facebook itu bisa memberikan dampak pada pemilih. Dia menilai hal tersebut akan mengarahkan orang untuk memilih calon tertentu.

"Ketua KPU kota Tangerang besok pagi saya akan DKPP-kan, supaya diuji netralitas maksud dan tujuan (berfoto dengan atribut paslon 1)," kata Ketua Tim Kuasa Hukum PDIP Sirra Prayuna dalam konferensi pers di Jl Pulau Dewa, Tangerang, Jumat (17/2/2017).

"Ini sudah melanggar sebagai penyelenggara pemilu, di mana asas-asas pemilu, penyelenggara harus nonpartisan, independen, profesional, imparsialitas. Dia memiliki kepastian dalam tindakan," tutupnya.
(imk/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed