DetikNews
Kamis 12 Jan 2017, 16:28 WIB

Tiga Rekomendasi Komisi V DPR ke STIP Terkait Tewasnya Amirullah

Galang Aji Putro - detikNews
Tiga Rekomendasi Komisi V DPR ke STIP Terkait Tewasnya Amirullah Foto: Galang Aji Putro/detikcom
Jakarta - Komisi V DPR RI memberikan tiga rekomendasi kepada Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) terkait tewasnya Amirullah Adityas Putra. Rekomendasi ini diberikan karena tindak kekerasan di STIP terjadi berulang kali.

"Ada tiga rekomendasi. Pertama, STIP ditutup karena kekerasan itu berulang," kata Ketua Komisi V DPR Fary Djemy Francis di kampus STIP, Jalan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, Kamis (12/1/2017)

Yang kedua, lanjut Fary, STIP ditutup sementara dan siswa taruna dititipkan ke STIP terdekat. Pihaknya akan mengatur sistem penitipan taruna tersebut karena terdapat lebih dari 1.400 taruna di STIP Marunda.

"Rekomendasi ketiga, STIP boleh tetap beroperasi asalkan ada pengawasan ketat agar kekerasan tidak terulang," ucapnya.

Sementara itu, anggota Komisi V DPR dari Fraksi Golkar Anthon Sihombing menginginkan adanya tindakan tegas kepada para pengawas dormitory STIP. Ia juga menuntut agar STIP membenahi SOP yang selama ini dijalankan.

"Jangan cuma mahasiswa yang dikorbankan, tapi pengawas dan penanggung jawabnya juga harus berkorban. STIP ini harus punya SOP yang bagus, harus dibenahi," ucapnya.

Anthon mencontohkan sistem di militer. Ia meminta STIP bertanggung jawab atas tewasnya Amirullah.

"Contohnya di militer, kan tidak ada yang meninggal. Harus ada solusinya. Harus ada yang bertanggung jawab. Kalau tidak, kita akan menutup STIP," tegas Anthon.
(idh/rvk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed