DetikNews
Kamis 12 Jan 2017, 16:05 WIB

Komisi VIII DPR Apresiasi Kuota Haji 2017 Jadi 221 Ribu

Andhika Prasetia - detikNews
Komisi VIII DPR Apresiasi Kuota Haji 2017 Jadi 221 Ribu Ilustrasi haji (Foto: Ilustrasi oleh Mindra Purnomo/detikcom)
Jakarta - Komisi VIII DPR mengapresiasi kinerja pemerintah soal penambahan kuota jemaah haji tahun 2017. Namun, hal itu harus dibarengi peningkatan pelayanan dari Kementerian Agama (Kemenag).

"Secara umum apresiasi tetapi kita minta kita meningkatkan kinerja Kemenag. Dengan penambahan, jangan sampai nambah jemaah tapi malah menambah masalah," ujar Wakil Ketua Komisi VIII DPR Sodik Mudjahid usai rapat dengan Kemenag di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (12/1/2017).

Selain itu, Komisi VIII menjelaskan bertambahnya jemaah haji sudah tercapai. Namun, jumlah 221 ribu jemaah itu disebut Sodik baru normalisasi jemaah haji.

"Normalisasi kuota sudah tercapai lalu penambahan. Penambahan atau normalisasi sesuai ukuran OKI (Organisasi Kerjasama Islam) yakni 1 per 1.000 dari jumlah jemaah muslim. Kalau 221.000 adalah sesuai ukuran OKI, berarti bukan penambahan, baru normalisasi. Harus dicermati," lanjut Sodik.

Maka dari itu, Komisi VIII meminta Kemenag untuk mempersiapkan penyelenggaraan haji 2017 dengan baik. Pengawasan dari Komisi VIII tetap dilakukan.

"Sebetulnya mereka (Kemenag) punya pengalaman pada tahun lalu, tapi harus kita awasi agar di waktu sidang mereka punya kesiapan maksimum. Lumayan loh ini bertambah 52.000 jemaah," imbuh Sodik.

Pelayanan yang harus ditingkatkan di antaranya soal visa dan sarana transportasi. Namun, yang terpenting adalah perlindungan keamanan dan kesehatan jemaah haji khususnya di Mina dan Muzdalifah.

"Perlindungan dan keamanan harus kita tingkatkan terutama di Muzdalifah untuk wukuf dan Mina untuk mabid. Seharusnya juga di manasik ada pengenalan medan agar salah satunya di Mina jemaah tidak nyasar," jelas Sodik.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan adanya penambahan kuota haji untuk tahun 2017. Jokowi menyebut kuota haji 2017 buat Indonesia menjadi 221 ribu jemaah.

"Pemerintah Arab Saudi telah memutuskan untuk mengembalikan kuota normal haji bagi Indonesia dari 168.800 menjadi 211.000 untuk tahun 2017. Selain itu, pemerintah Arab Saudi juga menyetujui permintaan penambahan kuota sebesar 10.000. Dengan demikian, kuota haji untuk Indonesia di tahun 2017 menjadi 221.000," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (11/1).



(dkp/imk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed