DetikNews
Kamis 12 Jan 2017, 07:39 WIB

Mahasiswa akan Berdemo di Depan Istana Merdeka Membawa 3 Tuntutan

Danu Damarjati - detikNews
Mahasiswa akan Berdemo di Depan Istana Merdeka Membawa 3 Tuntutan Ilustrasi polisi mengamankan kawasan depan Istana Merdeka. (Jabbar Ramdhani/detikcom)
Jakarta - Pagi ini mahasiswa akan melaksanakan demonstrasi di berbagai daerah. Khusus untuk Jakarta, massa demonstran 'Aksi Bela Rakyat 121' ini akan melakukan long march dari Patung Kuda ke depan Istana Merdeka.

"Kita akan mulai di Patung Kuda (Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat) pukul 10.00 WIB, kita akan long march menuju Istana (Jl Medan Merdeka Utara)," kata Koordinator Lapangan Aksi BEM Se-Jabodetabek Banten, Ihsan Munawwar, kepada detikcom, Kamis (12/1/2017).

Mereka akan menuju Istana Negara menyampaikan tuntutan mereka. Ada tiga tuntutan kepada pemerintahan Presiden Jokowi.

Pertama, mencabut PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang kenaikan tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak atau PNBP yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia. Kedua, menolak kenaikan tarif dasar listrik golongan 900 VA dan mendesak dikembalikannya subsidi untuk tarif dasar listrik golongan 900 VA. Ketiga, mengembalikan mekanisme penetapan harga BBM kepada pemerintah dan menjamin terpenuhinya kebutuhan BBM bersubsidi di seluruh SPBU.

"Kita juga sudah mempersiapkan surat ke Presiden dan ke Menteri Sekretaris Negara Pratikno," kata Ihsan, yang juga Presiden BEM KBM STEI SEBI.

(Baca juga: Besok, Massa Mahasiswa Demo di DPR dan Istana Soal Kenaikan Harga)

Polda Metro Jaya siap mengamankan demonstrasi mahasiswa ini. Pemberitahuan aksi dari pihak mahasiswa juga sudah diterima. Direncanakan bakal ada seribuan orang yang ikut demonstrasi.

"Semua dari Polda Metro Jaya dan jajaran kita turunkan, untuk pengaturan lalin juga anggota yang di lapangan akan mengarahkan jalur apabila terjadi kemacetan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes (Pol) Argo Yuwono kepada detikcom, Rabu (11/1) kemarin.


(dnu/dnu)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed