Kapolri: Judul Buku 'Jokowi Undercover' Tak Menggambarkan Isinya

Ibnu Hariyanto - detikNews
Jumat, 06 Jan 2017 16:13 WIB
Buku Jokowi Undercover (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Kepolisian telah mengulik lembar demi lembar buku kontroversial 'Jokowi Undercover', yang ditulis Bambang Tri Mulyono. Kesimpulannya, judul buku itu tak menggambarkan isinya.

"Judulnya tidak menggambarkan isinya," kata Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Rumah Sakit Bhayangkara Raden Said Sukanto (RS Polri) Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (6/1/2017).

Kesimpulan itu juga didapat lewat upaya-upaya para ahli yang dipanggil polisi untuk menelaah buku tersebut. Isi buku itu ternyata tak sesuai dengan judulnya karena pembahasan soal Jokowi cuma sedikit ketimbang masalah lainnya yang disatukan dalam buku ini.

"Topik masalah Pak Jokowi sendiri hanya beberapa saja sebetulnya," kata Tito.

Sebagian besar halaman buku ini membahas masalah-masalah nasional yang menarik menurut Bambang Tri, juga bermacam-macam topik lainnya.

"Isinya itu adalah kompilasi dari tulisan-tulisan pendek dua sampai enam halaman," kata Tito.

Bambang Tri saat ini telah berstatus sebagai tersangka dan ditahan di Rumah Tahanan Polda Metro Jaya. Atas kasus ini, dia dijerat Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis, serta Pasal 207 KUHP tentang Penghinaan terhadap Penguasa.



(dnu/fjp)