Kemenhub Rating 13 Perusahaan Otobus Pelopor Keselamatan, Siapa Nomor Wahid?

Nograhany Widhi Koesmawardhani - detikNews
Jumat, 09 Des 2016 01:48 WIB
Foto: Dok. Kemenhub
Jakarta - Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan rating pada 13 perusahaan otobus (PO) pelopor keselamatan. Siapa nomor wahid?

Pemberian peringkat ini didasari atas pemikiran terhadap permasalahan yang dihadapi oleh Kemenhub dalam mengelola angkutan bagi masyarakat, misalkan menurunnya jumlah pengguna bus umum akibat rendahnya kualitas pelayanan dari PO di Indonesia, belum adanya sebuah standardisasi dari PO yang dapat dijadikan sebagai tolak ukur, dan kurang terinformasinya masyarakat dalam memilih PO yang aman dan nyaman

Ditjen Perhubungan Darat memberikan rating PO bekerja sama dengan konsultan marketing Markplus,Inc. Penilaian dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Rating PO ditentukan oleh konsultan (80%) dan konsumen melalui survei online (20%). Ada 100 responden konsumen dilibatkan dalam survei ini yang ditanya mengenai persepsi dan kepuasan konsumen.

PO yang berpartisipasi dalam pemberian rating ini telah dinilai kualitasnya dari 4 parameter yakni segi keselamatan kendaraan, kenyamanan proses, keramahan SDM, dan kepengusahaan angkutan. PO yang dirating melayani bus antarkota, bus pariwisata, atau bus angkutan umum perkotaan.

Dari aspek keselamatan armada, PO diharapkan selalu memastikan armada yang dikelola selalu dalam standar keselamatan yang telah ditentukan.

Dari segi kenyamanan, PO dinilai dari customer journey yang diberikan kepada pelanggan mulai dari pembelian tiket hingga sampai di tempat tujuan.

Hal tersebut juga dapat dilihat dari keramahan SDM dalam melayani pengguna jasa transportasi. Dalam segi kepengusahaan angkutan, aspek yang dinilai adalah sistem yang digunakan oleh PO dalam menjalankan aspek bisnis seperti kegiatan penjualan dan pembelian tiket.

Hasil penilaian dipersentasekan (dari skala 100%) dan diberi rating bintang 1 sampai bintang 5. Berikut 13 PO sesuai urutan ratingnya yang tertinggi sesuai kategori:

PO angkutan dalam kota:

PPD 77,85% kategori bintang 4
Transportasi Jakarta 76,52% kategori bintang 4

PO angkutan pariwisata:

Big Bird 87,53% kategori bintang 5
Eagle High 77,75% kategori bintang 5

PO Antar Kota Antar Provinsi (AKAP):

Sinar Jaya 81,43% kategori bintang 5
Damri 81,43% kategori bintang 5
Gunung Harta 79,63% kategori bintang 4
Sempati Star 79,53% kategori bintang 4
Maju Lancar 79,52% kategori bintang 4
San Putra 75,62% kategori bintang 4
Efisiensi 75,53% kategori bintang 3
Agra Mas 71,2% kategori bintang 3
Harapan Jaya 70,15% kategori bintang 3

Penyerahan sertifikat rating ini diberikan oleh Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta pada Kamis (8/12/2016) siang ini.

"Semoga dengan kegiatan pemberian sertifikat rating perusahaan angkutan umum ini, dapat memberikan semangat dan motivasi bagi seluruh perusahaan angkutan untuk meningkatkan keselamatan, kinerja, dan pelayanan angkutan umum kepada masyarakat serta menjadi pelopor dalam pembinaan angkutan umum di Indonesia," ucap Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Pudji Hartanto Iskandar, dalam sambutannya seperti dalam rilis yang diterima. (nwk/adf)