DetikNews
Sabtu 03 Desember 2016, 06:27 WIB

Aksi Damai 2 Desember

Aksi 2 Desember Damai dan Tertib, MUI: Ini Monumental dan Dewasa

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Aksi 2 Desember  Damai dan Tertib, MUI: Ini Monumental dan Dewasa Foto: Twitter @pramonoanung
Jakarta - Massa Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI menepati janjinya untuk menyelenggarakan aksi salat Jumat dan zikir bersama dengan tertib. Majelis Ulama Indonesia (MUI) menganggap aksi yang telah dilakukan tersebut monumental dan menunjukkan kedewasaan bersikap umat Islam.

"Aksi damai kali ini akan dicatat dalam sejarah bangsa Indonesia, sebagai aksi yang sangat monumental perjuangan umat Islam dalam menuntut keadilan. Dan aksi ini juga menjadi bukti bahwa umat Islam Indonesia sangat dewasa dalam menggunakan hak konstitusionalnya dan ini sangat positif untuk pembangunan demokrasi yang terhormat dan bermartabat di Indonesia," ujar Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid saat berbincang dengan detikcom, Jumat (2/12/2016).

Zainut juga mengatakan bahwa aparat keamanan yang berjaga telah melakukan tugasnya dengan sangat baik. Pihaknya sangat mengapresiasi pengawalan yang dilakukan dengan baik tersebut.

"Begitu juga dari pihak aparat keamanan telah bertindak secara proporsional, persuasif dan komunikatif dengan peserta aksi sehingga suasana terbangun penuh pengertian dan jauh dari ketegangan. Untuk hal tersebut MUI memberikan apresiasi setulus-tulusnya kepada penanggung-jawab aksi, aparat keamanan dan semua pihak yang terlibat aksi damai baik langsung maupun tidak langsung," tambahnya.

Kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) di tengah kerumunan massa juga dinilainya sebagai sikap yang patut dihargai. Kehadiran tersebut membuktikan bahwa pemerintah peka terhadap tuntutan yang diajukan oleh massa.

"Namun demikian sekali lagi kehadiran beliau patut diapresiasi karena itu bukti bahwa beliau sangat peka terhadap tuntutan dan aspirasi umat Islam. Kehadiran beliau akan dicatat dalam memori umat Islam bahwa beliau satu-satunya Presiden yang pernah shalat jumat berjamaah bersama jutaan umat Islam Indonesia," ucapnya.


(fdu/jor)
mui
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed