detikNews
Jumat 25 November 2016, 18:53 WIB

Pemkot Semarang akan Naikkan Gaji Guru Honorer Melebihi UMK

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Pemkot Semarang akan Naikkan Gaji Guru Honorer Melebihi UMK Foto: Wali Kota Semarang/ Instagram
Semarang - Sebagai bentuk penghormatan kepada guru yang sudah mencerdaskan anak bangsa, Pemerintah Kota Semarang mengupayakan upah layak kepada seluruh guru termasuk Guru Tidak Tetap (GTT) atau Pegawai Tidak Tetap (PTT). Bahkan direncanakan tahun depan gaji GTT akan lebih besar dari Upah Minimum Kota Semarang.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan sejak upaya penetapan upah layak bagi GTT dan PTT sudah dilakukan sejak tahun 2016 ini. Hal itu disebabkan karena pada tahun 2015 lalu masih banyak tenaga pendidik yang gajinya hanya Rp 200 ribu hingga Rp 600 ribu.

"Dulu membayar gaji bulanan guru atau tenaga pendidik honorer hanya 15 persen dari total dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang diterima sekolah. Itu sesuai petunjuk teknis BOS tahun anggaran 2015," terang Hendrar dalam pesannya, Jumat (25/11/2016).

"Maka dari itu untuk menaikkan kesejahteraan guru, pada tahun 2016 ini kami anggarkan dari anggaran Pemkot Semarang sendiri melalui pendampingan BOS," imbuhnya.

Untuk diketahui, UMK Kota Semarang tahun 2016 ini nominalnya Rp 1,9 juta sedangkan tahun 2017 mendatang yaitu Rp 2,125 juta. Selain soal upah, Hendrar juga menyediakan hadiah bagi guru-guru berprestasi di Kota Semarang. Hadiah tersebut ada yang berupa uang mulai dari Rp 2,5 juta sampai Rp 9 juta tergantung tingkat dari prestasi guru.

Pemkot Semarang juga melakukan tansparansi anggaran dengan memberlakukan sistem Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (APBS) online. Dengan sistem tersebut penggunaan anggaran bisa benar-benar diawasi. Laman yang bisa diakses yaitu https://disdik.semarangkota.go.id/apbs/ .

"Karena anggaran untuk sekolah di Kota Semarang cukup besar, maka diterapkan APBS online," tandas Hendrar.

Bertepatan dengan Hari Guru Nasional, Hendrar juga mengucapkan selamat kepada para guru lewat akun instagramnya @hendrarprihadi.

"Terima Kasih karena telah mencetak orang-orang Hebat Indonesia -- Selamat #HariGuruNasional #HariGuruNasional2016," tulis Hendrar pada caption foto yang diunggahnya.


(alg/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com