DetikNews
Rabu 23 November 2016, 19:59 WIB

1.500 Artefak yang Akan Dikembalikan Belanda Nantinya Dimuseumkan

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
1.500 Artefak yang Akan Dikembalikan Belanda Nantinya Dimuseumkan PM Belanda Mark Rutte bertemu Presiden Jokowi (Foto: Bagus Prihantoro Nugroho/detikcom)
Jakarta - Pemerintah Belanda akan mengembalikan 1.500 artefak peninggalan Nusantara. Artefak-artefak itu tadinya tersimpan di Museum Nusantara yang terletak di Delft, Belanda.

"Jadi kan ada museum, Museum Nusantara di Delft yang akan ditutup. Oleh karena itu Belanda memang berniat untuk menyumbangkan berapa item, tadi disebutkan ada 1.500 item kepada pemerintah Indonesia," ujar Menlu Retno Marsudi di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Rabu (23/11/2016).

Sebelumnya PM Belanda Mark Rutte memberikan sebuah keris kepada Presiden Jokowi saat berkunjung ke Istana Merdeka tadi siang. Pemberian itu merupakan simbolisasi bahwa Belanda akan kembalikan 1.500 artefak.

Diwawancara terpisah, Mendikbud Muhadjir Effendi mengapresasi niat pemerintah Belanda mengembalikan artefak. Benda-benda tersebut memiliki nilai sejarah yang tinggi.

"Saya belum dapat info yang cukup, tapi itu suatu hal yang bagus, memang banyak artefak yang disimpan di sana," kata Muhadjir.

Meski hal ini berkaitan dengan Ditjen Kebudayaan yang ada di bawah Kemdikbud, tetapi Muhadjir belum tahu bagaimana teknis nantinya. Dia akan melakukan kunjungan ke Belanda dahulu untuk pembahasan lebih lanjut.

"(Disimpan) di museum nantinya, museum yang sesuai dengan artefaknya. Misal di Perpustakaan Nasional kalau itu dalam bentuk buku-buku lama, kan banyak sekali dari Leiden segala itu," kata Muhadjir.
(bpn/hri)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed