detikNews
Senin 21 November 2016, 18:42 WIB

Kapolri Sebut Ada Agenda Makar, PAN: Waspada Potensi 'Penumpang Gelap'

Andhika Prasetia - detikNews
Kapolri Sebut Ada Agenda Makar, PAN: Waspada Potensi Penumpang Gelap Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebut ada indikasi upaya makar dalam agenda demo lanjutan. PAN mengingatkan agar semua pihak mewaspadai adanya 'penumpang gelap' di demo.

"Kita melihat bahwa rencana demo tanggal 2 Desember masih mengedepankan agenda yang diusung semula. Yakni penegakan hukum yang adil terkait dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh saudara Ahok," jelas Eddy melalui pesan singkat kepada detikcom, Senin (21/11/2016).

Eddy mengatakan hal yang perlu diwaspadai dari demontrasi 2 Desember mendatang adalah munculnya 'penumpang gelap' yang memiliki kepentingan lain. Hal itu akan bersifat merusak demokrasi dan keamanan masyarakat.

"Namun yang perlu diwaspadai adalah potensi kehadiran 'penumpang gelap' yang memiliki agenda selain agenda di atas. Yang justru bersifat destruktif terhadap demokrasi dan keamanan serta ketertiban masyarakat," papar Eddy.

Baca Juga: Pernyataan Lengkap Kapolri Soal Larangan Aksi 2 Desember dan Agenda Makar

PAN, menurut Eddy mengapresiasi imbauan Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang meminta demonstran tidak turun ke jalanan. Di sisi lain, Eddy mengatakan tetap menghormati hak berdemokrasi masyarakat untuk melakukan unjuk rasa.

"Kita mengapresiasi imbauan MUI yang meminta 'tenaga dan pikiran difokuskan ke proses pemeriksaan tersangka Ahok ketimbang ke jalanan'. Namun kita juga menghormati hak demokrasi warga negara untuk melakukan unjuk rasa, sepanjang berjalan tertib dan sejalan dengan peraturan perundang-undangan," ulas Eddy.



(dkp/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com