Hari Buruh
Jumat 18 Nov 2016, 15:12 WIB

Dinamika Pilgub DKI

Cita-cita Sylviana Murni Jadikan Batik Betawi Go International

Ahmad Masaul Khoiri - detikNews
Cita-cita Sylviana Murni Jadikan Batik Betawi Go International Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom
Jakarta - Calon wakil gubernur DKI Jakarta Sylviana Murni kembali blusukan di kelurahan Kwitang, Jakarta Pusat. Setelah selesai mendengar curahan warga sekitar, Sylvi meneruskan perjalanannya ke pengrajin batik Betawi di wilayah ini.

Di rumah pengrajin batik, Ibu Ana, Sylvi memilih dan membeli beberapa batik. Melihat potensi yang bagus dari batik tersebut, ia ingin batik Betawi dapat bersaing di pasar dunia.

"Ibu Ana ini asli Betawi. Kita ingin mengembangkan batik ini. Dia kaget saat saya kampanye dan Ibu Ana melihat ini sebagai peluang," ucap Sylvi di Jalan Kwitang V, Kelurahan Kwitang, Jakarta Pusat, Jumat (18/11/2016).

"Kita ingin batik go global. Maka saya datangi mereka. Juga ondel betawi. Karena sebagai akar budaya," imbuhnya.

Cita-cita Sylviana Murni Jadikan Batik Betawi Go InternationalFoto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom


Nantinya, pada setiap acara kata Sylvi menginginkan seragamnya menggunakan bahan kain batik Betawi. Selain itu, bagi para pengrajin kecil akan ia beri insentif jika terpilih nanti.

"Kalau ada pemeran semua batik ini akan ada tempat market yang jelas. Kita nanti akan berikan insentif dari segi pajak. Saya ingin ada even dresscode anak muda pakai batik Betawi di hari besar atau pameran," jelas Sylvi.

"Apalagi di sekolah-sekolah sekarang ini sudah menggunakan batik," tambah dia.

Cita-cita Sylviana Murni Jadikan Batik Betawi Go InternationalFoto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom


Selesai ke pengrajin batik, Sylvi berkunjung ke ulama di kelurahan Kwitang, yaitu Habib Abdurrahman bin Muhammad Al Habsyi, pimpinan Islamic Center Indonesia. Ia meminta doa untuk kemenangan pilkada.
(imk/imk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed