DetikNews
Jumat 11 November 2016, 12:09 WIB

Seismograf Kerap Digondol Pencuri, Begini Reaksi Menteri Jonan

Erna Mardiana - detikNews
Seismograf Kerap Digondol Pencuri, Begini Reaksi Menteri Jonan Menhub Jonan/ Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Seismograf atau perangkat pengukur dan pendeteksi gempa bumi serta pencatat aktivitas gunung api di Indonesia kerap raib digondol pencuri. Kejadian teranyar, pada September 2016 lalu, alat pemantau aktivitas Gunung Bromo, Jawa Timur, milik Pos Pengamatan Gunung Api Bromo lenyap dijarah maling. Apa reaksi Menteri ESDM Ignasius Jonan soal kasus pencurian seismograf?

Jonan menegaskan, perlu langkah antisipasi sejak dini agar kejadian pencurian alat tersebut tidak terulang di masa mendatang. Dia memercayai jajarannya yang menaungi bidang geologi punya jurus khusus mengamankan perangkat penting itu.

"Ya kalau sempat dicuri, itu enggak bisa arahan. Ya harus dijaga saja dengan baik," kata Jonan usai menyambangi kantor Badan Geologi, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (11/11/2016).

Jonan tak mengungkapkan seperti apa upaya nyata pihaknya menyelamatkan seismograf agar terhindar dari ulah jahat si tangan panjang.

"Carikan cara jaganya bagaimana. Ada caranya, tapi jangan dikasih tahu ke Anda. Nanti orangnya (pencuri) cari akal lagi," tutur Jonan.

Kepala Badan Geologi Ego Syahrial menegaskan pihaknya tidak diam diri berkaitan seringnya kasus pencurian seismograf yang dipasang di sejumlah area gunung api.

"Terakhir itu kan di Bromo. Kami sudah laporkan kepada pihak pemda dan kepolisian," ucap Ego sambil menambahkan hingga kini polisi belum menangkap pelakunya.

Selama Ego megemban jabatan, tercatat dua kasus pencurian seismograf di area gunung api. Pertama yaitu hilangnya alat tersebut di Gunung Tangkuban Perahu, Jawa Barat, kedua di Gunung Bromo, Jawa Timur.

"Sebelumnya sering terjadi (pencurian seismograf). Untuk Tangkuban Perahu sudah diganti. Kalau untuk Bromo sedang proses penggantian seismograf," tutur Ego.
(ern/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed