DetikNews
Sabtu 05 November 2016, 18:40 WIB

Tak Hanya Kemenhub, TNI Juga Bantu Pulangkan Pendemo Asal Daerah

Elza Astari Retaduari - detikNews
Tak Hanya Kemenhub, TNI Juga Bantu Pulangkan Pendemo Asal Daerah Foto: Dok. TNI
FOKUS BERITA: Demo 4 November Ricuh
Jakarta - Sejumlah pelaku Demo 4 November asal daerah terlantar dan usai aksi kemarin. Pemerintah pun membantu transportasi untuk memulangkan mereka termasuk dari TNI.

"Pendemo ada yang tidak dapat kembali ke kampung halaman karena ketinggalan bus angkutan dan tidak memiliki uang," ungkap Kapuspen TNI Brigjen Wuryanto kepada wartawan, Sabtu (5/11/2016).

Tak Hanya Kemenhub, TNI Juga Bantu Pulangkan Pendemo Asal DaerahFoto: Dok. TNI
Setelah demo di sekitaran Istana Negara kemarin, para peserta aksi damai dari berbagai daerah ada yang menginap di sejumlah tempat di Jakarta. Salah satunya di Masjid Istiqlal.

"Dengan respons cepat TNI mengerahkan bus TNI untuk mengantarkan para pendemo ke daerah masing-masing," kata Wuryanto.

Tak Hanya Kemenhub, TNI Juga Bantu Pulangkan Pendemo Asal DaerahFoto: Dok. TNI
TNI pun mengerahkan puluhan bus milik mereka untuk mengantar para pendemo yang terlantar itu. Bus diberangkatkan sejak Sabtu (5/11) subuh dan terus berlanjut dengan total 542 pendemo yang sudah diantarkan hingga sore tadi.

Ada yang berangkat dari Masjid Istiqlal dan ada juga pendemo yang diberangkatkan dari Masjid Alfatah, Menteng, Jakarta Pusat. Total ada 30 bus yang digunakan TNI untuk mengantar para pendemo yang terlantar ini.

Tak Hanya Kemenhub, TNI Juga Bantu Pulangkan Pendemo Asal DaerahFoto: Dok. TNI
"Tujuan Bandung menggunakan 5 bus, Purwakarta 6 bus, Karawang 4 bus, Cilegon dan Serang 7 bus, Bogor 2 bus, Tangerang dan Balaraja 3 bus, serta wilayah Kodam IV/Diponegoro, di antaranya Purwokerto menggunakan 3 bus," Wuryanto menjelaskan.

Beberapa ungkapan rasa terima kasih para pendemo kepada TNI pun dikisahkan. Apalagi bukan hanya dapat fasilitas akomodasi pulang gratis, peserta aksi damai yang diantar itu juga mendapat makan dan minuman dari TNI.
(elz/tor)
FOKUS BERITA: Demo 4 November Ricuh
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed