Grebek Kamar Hotel WNA, Imigrasi Jakpus Temukan Bahan Uang Palsu dan Narkoba

Ray Jordan - detikNews
Jumat, 14 Okt 2016 09:59 WIB
Ilustrasi (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat melakukan pengawasan keimigrasian di Hotel Diaz, Kemayoran Jakarta Pusat. Saat penggerebekan, ditemukan 8 WNA tanpa paspor, bahan pembuat uang palsu dan narkoba.

Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Heru Santoso menjelaskan, petugas Imigrasi menemukan 9 WNA yang terdiri dari 5 perempuan dan 4 laki-laki.

"8 WNA tidak memiliki paspor dan 1 WNA asal Kamerun sudah overstay 9 bulan," ujar Heru dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Jumat (14/10/2016).

Heru mengatakan, di dalam kamar hotel yang digerebek tersebut, petugas menemukan sejumlah barang. Di antara kertas contoh pembuatan mata uang asing palsu, daftar belanja bahan-bahan kimia untuk pembuatan US dollar palsu, barang yang diduga kokain, ganja dan madat.

Selain itu, juga ditemukan cairan NaCl untuk campuran yang diduga kokain. Petugas juga mengamankan barang elektronik yakni 2 unit laptop, flashdisk yang diduga berkaitan dengan mata uang asing palsu.

"Paspor dan ID yang diduga pemilik kamar beserta barang di dalamnya atas nama Tchuenkou Edoard Aime, warga negara Kamerun. Namun pada kamar tersebut diduga yang bersangkuktan melarikan diri melalui jendela karena petugas menemukan jejak pada jendelanya," kata Heru.

(jor/rvk)