DetikNews
Rabu 12 Oktober 2016, 11:40 WIB

Mafia Perkara MA Dibui 9 Tahun, Pemkot Malang Tak Jadi Dihukum Rp 17 Miliar

Andi Saputra - detikNews
Mafia Perkara MA Dibui 9 Tahun, Pemkot Malang Tak Jadi Dihukum Rp 17 Miliar Andri Tristianto Sutrisna (agung/detikcom)
Jakarta - Pemkot Malang akhirnya menang melawan PT Citra Gading Asritama (CGA) dalam sengketa perdata pembangunan insfrastruktur Rp 38 miliar. Di kasus itu, PT CGA meminta bantuan pejabat Mahkamah Agung (MA) Andri Tristianto Sutrisna, yang belakangan dihukum 9 tahun penjara.

Sengketa itu bermula saat PT CGA mengerjakan gorong-gorong di Jalan Bondowoso-Kali Metro, Malang, Jawa Timur pada 2014 dengan nilai proyek Rp 38 miliar. Proyek itu didanai oleh APBD Pemkot Malang.

Belakangan terjadi selisih paham antara PT CGA dengan Pemkot Malang. PT CGA menyatakan proyek yang dikerjakan sudah selesai tetapi pihak Pemkot Malang belum membayar seluruh biaya pengerjaan. Pemkot menilai sebaliknya yaitu pengerjaan belum selesai sehingga sisa pembayaran Rp 14 miliar tidak diberikan.

Selisih paham itu memuncak ke meja hijau. PT CGA menggugat Pemkot Malang meminta untuk melunasi pembayaran proyek. Di tingkat pertama, PT CGA menang dan menghukum Pemkot Malang untuk membayar tunai dan sekaligus ditambah dengan nilai kontrak dan lainnya sebesar Rp 17,675 miliar.

Putusan itu diketok oleh ketua majelis Eko Wiyono dengan anggota Rina Indrajanti dan Rightmen S Situmorang pada 22 Juni 2016. Pemkot tidak terima dan mengajukan banding. Pengadilan Tinggi (PT) Surabaya menganulir putusan PN Malang dan menyatakan tidak berwenang mengadili kasus itu. Atas putusan itu, giliran PT CGA tidak terima dan mengajukan kasasi.

Untuk mengamankan perkara itu dan menang di tingkat MA, PT CGA menggandeng Andri di tingkat kasasi dan akan diurus oleh Syukur Mursi alias Heri, yang merupakan adik kandung Ichsan Suaidi. Andri diminta untuk mengurus perkara itu sehingga Pemkot Malang kalah dan membayar Rp 17 miliar ke PT CGA.

Tapi sebelum urusan mulus, Andri sudah keburu ketangkap KPK pada Februari 2016. Andri lalu dihukum 9 tahun penjara. Lalu bagaimana dengan kasus Pemkot Malang Vs Pemkot Malang?

"Menolak permohonan Direktur PT Citra Gading Asritama (CGA)," demikian putus majelis kasasi sebagaimana dilansir website MA, Rabu (12/10/2016).

Perkara Nomor 1645 K/PDT/2016 diadili oleh ketua majelis hakim agung Hamdi dengan anggota Maria Anna Samiyati danDr Yakup Ginting.
(asp/try)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed