DetikNews
Selasa 11 Oktober 2016, 14:24 WIB

Bertemu Ketua DPR, Menteri LHK Bahas Ratifikasi Kesepakatan Perubahan Iklim

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Bertemu Ketua DPR, Menteri LHK Bahas Ratifikasi Kesepakatan Perubahan Iklim Menteri LHK Temui Ketua DPR (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar siang ini bertemu Ketua DPR Ade Komarudin dan para pimpinan. Mereka membicarakan ratifikasi Perjanjian Paris tentang Perubahan Iklim.

Pertemuan tertutup antara Siti dan pimpinan DPR berlangsung di Gedung Nusantara III lantai 3, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (11/10/2016). Usai pertemuan, Siti mengatakan bahwa ada pemahaman yang sama antara pemerintah dan DPR.

"Pagi tadi saya sudah bertemu bapak presiden meminta izin akan menghadap ketua DPR dan saya bersyukur juga wakil ketua lengkap. Tentang agenda ratifikasi untuk perjanjian paris mengenai perubahan iklim," ucap Siti.

"Kami bersyukur dan berterima kasih bahwa DPR memahami perlunya ratifikasi dan tadi dijelaskam kepada saya tentang mekanisme di DPR," sambungnya.

Baca Juga: Menteri LHK Teken Perjanjian Paris Soal Perubahan Iklim
Usai pertemuan dengan Siti, pimpinan DPR mengadakan rapat pimpinan tertutup. Rapat masih berlangsung.

Perjanjian Paris merupakan kesepakatan global yang monumental untuk menghadapi perubahan iklim. Komitmen negara-negara dinyatakan melalui Nationally Determined Contribution (NDC) untuk periode 2020-2030, ditambah aksi pra-2020. Perjanjian Paris akan berlaku apabila diratifikasi oleh setidaknya 55 negara yang menyumbangkan setidaknya 55% emisi gas rumah kaca.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya sebagai perwakilan Indonesia menandatangani Perjanjian Paris tersebut pada April 2016 lalu. Indonesia pun menjadi salah satu negara pertama yang langsung mendepositkan instrumen ratifikasi.
(imk/van)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed