Warga Sempat Panik Dengar Ledakan dari Kilang Pertamina Cilacap

Arbi Anugrah - detikNews
Rabu, 05 Okt 2016 14:53 WIB
Foto: Asap hitam membumbung dari kilang minyak Pertamina Refinery Unit IV Cilacap (Arbi Anugrah/detikcom))
Cilacap - Tangki aspal di kilang minyak Pertamina Refinery Unit IV Cilacap, Jawa Tengah, terbakar dan menimbulkan asap hitam yang membumbung. Warga sempat panik akibat kejadian ini.

Salah seorang warga, Slamet Riyadi, mengatakan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 11.35 WIB, Rabu (5/10/2016). Sejumlah warga di sekitar Pertamina panik karena beberapa saat setelah ledakan terlihat ada asap hitam pekat yang membubung tinggi. "Tapi sekarang kepulan asapnya mulai menipis," ucap Slamet.

Head of Communication and Relations Pertamina RU IV Cilacap Ristanto Heru Widodo mengatakan, memang ada kebakaran pada sebuah tangki berukuran kecil di tengah area kilang.

"Tangki kecil nomor 41 di tengah. Kejadian sekitar pukul 12.25 WIB dan tapi saat ini sudah dapat ditangani," ujar Ristanto saat dikonfirmasi.

Saat ini, lanjut Ristanto, pihaknya masih menyelidiki penyebab terjadinya kebakaran tersebut. Namun dia menegaskan jika kejadian tersebut tidak mengganggu produksi minyak di Pertamina RU IV Cilacap.

VP Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro, mengatakan tidak ada masalah berarti karena yang terbakar hanya tangki aspal yang mengalami overheat atau terlalu panas.

Operasi di kilang minyak Pertamina Refinery Unit IV Cilacap saat ini berlangsung normal. "Tidak mengganggu operasi kilang. Operasi kilang aman dan normal. Tidak ada korban," ucap Wianda saat dihubungi detikcom. (hri/iy)