detikNews
Rabu 21 September 2016, 20:17 WIB

Jaksa Farizal Tersangka Suap KPK Dikawal Ketat Koleganya Saat ke KPK, Kenapa?

Jabbar Ramdhani, - detikNews
Jaksa Farizal Tersangka Suap KPK Dikawal Ketat Koleganya Saat ke KPK, Kenapa? Foto: agung pambudhy/detikcom
FOKUS BERITA: Suap Gula Irman Gusman
Jakarta - Jaksa Farizal, tersangka kasus suap KPK dikawal ketat koleganya. Farizal menjadi pesakitan karena menerima suap dari terdakwa penyelundupan gula. Farizal diduga memberikan bantuan hukum, bahkan membuatkan eksepsi.

Farizal pada Rabu (21/9/2016) menjalani pemeriksaan sebagai saksi di KPK, Jl Rasuna Said, Kuningan, Jakarta. Ada yang menarik dan menjadi pertanyaan, Farizal dikelilingi koleganya dari kejaksaan saat datang dan pulang dari KPK. Mereka mengelilingi Farizal, seperti melakukan pengawalan.

Tapi ternyata, menurut Inspektur Muda Bagian Kepegawaian Kejagung Wito, pengawalan ini dilakukan karena Farizal juga diperiksa di Kejagung. Jadi tidak ada arti lain. Kejagung juga membidik sanksi untuk jaksa di Kejati Sumbar ini.

"Ini bentuk koordinasi seperti yang saya sampaikan tadi siang. Bahwa sama-sama menghormati hukum, proses di sini tetap jalan. Proses untuk dugaan pelanggaran disiplin juga sama-sama jalan," jelas Wito.

Tak seperti tersangka lain dalam kasus operasi tangkap tangan (OTT), walau sudah menjadi tersangka, Farizal tak ditahan.

Wito menjelaskan lebih lanjut, menurut dia, Farizal baru tiba di Kejagung dari Sumbar pada Selasa (20/9) malam. Farizal menurut Wito juga masih lelah.

"Oleh karena itu, demi percepatan proses hukum yang ada di KPK, maka kita sampaikan. Malam ini istirahat. Berikutnya untuk klarifikasi dugaan pelanggaran disiplin (di Kejaksaan-red)," sambung Wito.
(dra/dra)
FOKUS BERITA: Suap Gula Irman Gusman
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com