DetikNews
Selasa 13 September 2016, 10:50 WIB

Dubes Nadjib Ajak WNI di Australia Galakkan Tradisi Berkurban ke Tanah Air

Nograhany Widhi K - detikNews
Dubes Nadjib Ajak WNI di Australia Galakkan Tradisi Berkurban ke Tanah Air Foto: Salat Idul Adha di KBRI Canberra (Foto: KBRI Canberra)
Jakarta - Dubes RI untuk Australia Nadjib Riphat Kesoema mengajak WNI di Australia menggalakkan tradisi berkurban ke Tanah Air. Bantuan itu akan sangat berarti bagi mereka yang tidak mampu.

Ajakan Dubes Nadjib ini disampaikan oleh Dubes RI ketika memberikan sambutan di hadapan lebih dari 300 masyarakat Muslim Indonesia di Canberra yang melaksanakan Salat Idul Adha di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Canberra pada Senin (12/9/2016) kemarin, dalam rilis yang diterima dari KBRI Canberra pada Selasa (13/9/2016) ini.

"Kontribusi masyarakat Indonesia di Australia ini juga merupakan salah satu wujud nyata dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa," demikian imbuh Dubes Nadjib.

Salat Idul Adha kemarin diimami oleh Ustad Naf'an Widiarso, mahasiswa PhD dari University of Canberra dengan khatib Ustad Ahmad Muhajir, mahasiswa S-3 dari Australian National University (ANU).

Ustad Ahmad Muhajir menekankan pentingnya umat Muslim untuk beramal secara ikhlas. Karena Allah SWT hanya menerima perbuatan amal yang dilandaskan pada keihklasan, bukan karena faktor lain.

Perayaan salat Idul Adha di KBRI Canberra ini diselenggarakan berkat kerjasama antara KBRI Canberra dengan Panitia Bersama Idul Adha 1437 H yang dikoordinir oleh Marpuddin Azis dan Imam Malik, yang terdiri dari AIMFACT, Pengajian Keluarga, Pengajian Khataman, UCKUM dan TPA CERIA.

Seperti tradisi tahun-tahun sebelumnya, panitia juga telah menyalurkan kurban, baik berupa sapi maupun kambing, hasil sumbangan dari masyarakat Indonesia di Canberra ke berbagai kalangan dan yayasan di tanah air, seperti ke Lampung, Jambi, Lombok, Muna dan sebagainya.

Peringatan Hari Raya Idul Adha di Kota Canberra jatuh pada hari kerja, namun tidak menyurutkan niat masyarakat Indonesia untuk menjalankan salat Id. Seperti tradisi di tanah air, usai salat Id, seluruh jemaah yang hadir juga bermaaf-maafan sembari bersalaman bersama Dubes RI dan istri, Nino Riphat.



Usai salat, masyarakat Indonesia langsung berbaur untuk bersilaturahmi sembari disuguhi bakso daging lengkap dengan tahu goreng dan bakwan Malang. Tak lupa kue khas Tanah Air, yakni risoles dan kue bolu.
(nwk/try)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed