DetikNews
Selasa 13 September 2016, 10:44 WIB

Survei CSIS: 40,4% Rakyat Kecewa Jokowi Copot Anies Baswedan

Wisnu Prasetiyo Adi Putra - detikNews
Survei CSIS: 40,4% Rakyat Kecewa Jokowi Copot Anies Baswedan Foto: Wisnu Prasetiyo
Jakarta - Presiden Joko Widodo telah melakukan perombakan kabinet kerja untuk kedua kalinya pada bulan Juli lalu. Selang beberapa bulan, bagaimana penilaian publik terhadap efektivitas Reshuflle Jilid II ini?

"Dari 56 persen pada Oktober 2015 mengaku puas terhadap kinerja kabinet kerja jilid I. Angka ini lebih rendah yaitu pada kinerja pemerintahan secara umum yaitu 66 persen," ujar peneliti CSIS Arya Fernandes kepada wartawan di Auditorium CSIS, Jalan Tanah Abang III, Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2016).

"Optimisme publik terhadap perombakan kabinet jilid II membuat pemerintahan lebih baik mencapai angka 71 persen menilai mampu. Sedangkan 26 persen responden merasa reshuflle kinerja jilid II menilai tidak mampu, " sambung dia.

Rilis hasil survei ini bertajuk "Seberapa optimiskah publik terhadap kinerja, pogram dan kebijakan Jokowi-Jusuf Kalla pada tahun kedua?". Rilis ini menghadirkan beberapa pembicara yaitu Ahmad Basarah (PDI Perjuangan), Nurul Arifin (Golkar), Philips J Vermonte (Direktur Eksekutif CSIS) dan Vidhyandika Perkasa (Ketua Departemen Politik dan Hubungan International CSIS).

Survei dilakukan pada tanggal 8-15 Agustus 2016 dengan 1000 responden secara acak (random sampling) dari 34 provinsi di Indonesia. Responden adalah masyarakat Indonesia yang sudah memiliki hak pilih. Margin of error dari survei ini sebesar 3,1 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

"Meskipun secara umum publik menilai reshuflle yang dilakukan sudah dapat tapi ada data yang menarik bahwa sekitar 40,4 persen publik melihat reshuffle terhadap Mendikbud Anies Baswedan tidak tepat," kata Arya.

Berikut hasil lengkap survei CSIS terkait keputusan Jokowi-JK terkait reshuflle jilid II:

Mendikbud Anies Baswedan : 40,4 persen merasa tidak tepat
Menko maritim Rizal Ramli 22,7 persen menilai tidak tepat
Menkopolhukam Luhut B Pandjaitan 20,1 persen merasa tidak tepat
Menteri ESDM Sudirman Said 19,6 persen merasa tidak tepat
Menpan RB Yuddy Chrisnandi 18,5 persen
Menteri Agraria Fery Mursyidan 18,1 persen
Menteri PDT Marwan Jafar 16,7 persen
Kepala BKPM Frank Sibarani 16,0 persen
Menteri Perindustrian Saleh Husin 15,0 persen
Menkeu Bambang Brodjonegoro 14,5 persen
Mendag Thomas Lembong 13,1 persen


(wsn/van)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed