Jokowi dan Iriana Blusukan di Gunungsitoli, Tinjau Posyandu Warga

Jurig Lembur - detikNews
Jumat, 19 Agu 2016 19:57 WIB
Foto: Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Blusukan di Kota Gunungsitoli (M Iqbal/detikcom)
Kota Gunungsitoli - Usai upacara penyambutan di pendopo Kabupaten Nias, Presiden Joko Widodo menyempatkan diri meninjau sebuah posyandu yang berada di Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara. Jokowi blusukan di permukiman sambil berinteraksi dengan warga.

Lokasi yang dituju Jokowi adalah posyandu yang juga bangunan Gereja Bethel Indonesia, Kota Gunungsitoli, Sumut. Untuk menuju Posyandu, Jokowi perlu masuk ke dalam permukiman dari Pasar Beringin, Jalan Sudirman, Kota Gunungsitoli.

Mobil Presiden Jokowi masuk ke permukiman sekitar 50 meter, lalu turun berjalan kaki ke permukiman warga. Bangunan posyandu ini menyatu dengan permukiman warga dengan plang Gereja Bethel Indonesia.

Spanduk penyambutan untuk Presiden Jokowi (M Iqbal/detikcom)

Sebuah spanduk terpampang bertuliskan ucapan selamat datang kepada Presiden Jokowi di Kampung Cinta Damai. Warga yang sudah menunggu sejak siang, langsung menyemut menghampiri Jokowi yang hadir di dampingi Ibu Negara Iriana Jokowi.

"Pak Jokowi...!" sahut seorang ibu yang kemudian dihampiri Jokowi dengan bersalaman, Jumat (19/8/2016).

Di dalam posyandu yang sempit, ada beberapa perawat yang menjaga anak-anak yang sakit. Jokowi dan Iriana tak sungkan menggendong salah satu bayi sambil berinteraksi dengan ibu-ibu di posyandu.

Hadir juga Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menkum HAM Yasonna Laoly yang kebetulan berasal dari Nias, Menteri BUMN Rini Soemarno, Mensesneg Pratikno, Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi, Dirut PLN Sofyan Basir dan lainnya.

Jokowi dan Iriana menyaksikan Menkes Nila Moeloek memberikan suplemen kepada anak-anak di posyandu. Tak lama berada di posyandu, Jokowi dan Iriana keluar untuk berinteraksi lagi dengan warga, terutama ibu-ibu.

Sambil menengok permukiman warga yang dipadati anak-anak, Jokowi membagikan banyak buku tulis dengan sampul "Ayo..Belajar, Belajar, Belajar". Anak-anak dengan sukacita menerima buku dari tangan Presiden Jokowi.

Suasana saat Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi membagikan buku (M Iqbal/detikcom)

Ada sekitar dua dus buku yang dibawa Paspampres untuk dibagikan oleh Jokowi. Buku-buku itu selalu disiapkan Jokowi setiap kunjungan ke daerah. Berdus-dus buku itu disimpan langsung di belakang bagasi mobil yang ditumpangi Jokowi.

(Baca juga: Buku Tulis dari Jokowi)

Tak hanya buku, ada juga kaos yang dibagikan Jokowi sejak tiba di Nias. Memang tak seberapa buku dan kaos itu, tapi bagi seorang anak bisa jadi motivasi berarti untuk giat belajar seperti pesan Jokowi dalam buku berisi 36 lembar itu.

Usai beberapa saat berbaur dengan warga, Presiden Jokowi ke luar permukiman dan melanjutkan kunjungannya ke proyek pembangunan PLTG di Idanoi, Gunungsitoli.

(miq/hri)