DetikNews
Kamis 18 Agustus 2016, 12:05 WIB

Kemenhub: Pembangunan LRT di Palembang Sudah Mencapai 11 Persen

Ardan Adhi Chandra - detikNews
Kemenhub: Pembangunan LRT di Palembang Sudah Mencapai 11 Persen Progress Pembangunan LRT di Palembang/ Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - Pembangunan proyek kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) terus dilakukan di kelima zona proyek. Sejauh ini pemasangan tiang pancang di Zona 1 proyek LRT Palembang terus dilakukan pengerjaannya.

Pantauan detikFinance di Zona 1 proyek LRT Palembang dekat Bandara Sultan Mahmud Badaruddin, tiang pancang hampir seluruhnya sudah terpasang. Kemudian pemasangan pier atau beton bertulang selebar 6 meter untuk menyangga jalur kereta ringan sudah terpasang di sebagian besar tiang pancang.

Proyek LRT Palembang sedikitnya memiliki 13 stasiun yang terbentang sepanjang 23 kilometer (KM) dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II ke Jakabaring Sport Center. Pembangunan proyek ini juga terbagi ke dalam 5 zona yang sebagian di antaranya melintas di atas Sungai Musi.

Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Prasetyo Boedotjahjono menjelaskan kemajuan pembangunan proyek kereta ringan sudah mencapai 11 persen. Dengan demikian pihaknya optimistis LRT Palembang sudah dapat beroperasi sebelum Asian Games 2018.

"Progres 10 persen hampir 11 persen dan ini berjalan terus," jelas Prasetyo saat rapat di Zona 1 Proyek LRT Palembang, Sumsel, Kamis (18/8/2016).

Dirinya menambahkan bahwa proyek LRT Palembang merupakan gagasan dari Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin. Alex yang sudah memasuki periode kedua memimpin Sumatera Selatan menganggap keadaan lalu lintas di Kota Palembang sudah sangat padat, sehingga dibutuhkan alternatif trasnportasi massal yang cepat dan murah. Selain itu, pembangunan LRT Palembang juga untuk mendukung penyelenggaraan pesta olahraga Asian Games 2018.

"Diprakrsai Pak Gubernur untuk mendukung event besar Asian Games 2018," tutur Prasetyo.

Proyek yang ditargetkan selesai pada Juni 2018 ini menelan dana Rp.11,4 triliun dari APBN. "Diharapkan selesai 100 persen Juni 2018," kata Prasetyo.


(rvk/rvk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed