detikNews
Senin 15 Agustus 2016, 14:15 WIB

Mantan Sekretaris MA Nurhadi Akui Dekat dengan Eddy Sindoro

Rini Friastuti - detikNews
Mantan Sekretaris MA Nurhadi Akui Dekat dengan Eddy Sindoro Nurhadi bersaksi di PN Jakpus (ari/detikcom)
Jakarta - Mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi mengaku pernah bertemu dan berkomunikasi dengan Chairman PT Paramount Enterprise, Eddy Sindoro.

Hal itu terungkap dalam kesaksiannya di PN Tipikor, Jl Bungur Besar Raya, Kemayoran, Jakpus, Senin (15/8/2016) untuk terdakwa Doddy Aryanto Supeno.

"Ketemu pernah, komunikasi pernah," ujar Nurhadi menjawab pertanyaan Jaksa Penuntut Umum.

Nurhadi rupanya mengenal Eddy cukup lama. Mereka berdua ternyata merupakan teman semasa SMA pada tahun 1975 lalu.

"Saya SMU beda satu kelas, lebih tua Pak Eddy. Saya di Kudus, Pak Eddy di Semarang. Ketemunya di tempat makan khas di Semarang," kata Nurhadi.

Puluhan tahun berselang, rupanya hubungan pertemanan mereka tak lekang oleh waktu. Tahun 2015 dan 2016 keduanya pernah melakukan pertemuan. Dalam BAP Nurhadi, JPU menyebut keduanya pernah bertemu Eddy sebanyak 2 kali pada tahun 2015 ketika menjenguk anak Ketua MA Hatta Ali yang tengah dirawat di RS MRCC Siloam yang berada di kawasan Semanggi. Hal itupun diakui Nurhadi.

"Pernah sekitar 3 kali, 2015 dan 2016. Kemudian pertemuan di Plaza Senayan, tidak lebih dari tiga kali. Makan bersama," ucap Nurhadi.

Walau begitu, dia membantah pertemuan tersebut membahas masalah kasus.

"Ada beberapa (pertemuan). Ada yang di rumah saya atau beliau. Tapi dalam konteks undangan acara pernikahan putri saya, akikah cucu saya, ulang tahun cucu saya. Saya terakhir ke kediaman Eddy untuk lamaran anaknya yang kedua di daerah Lippo Karawaci," jelasnya.

Hingga saat ini Eddy Sindoro telah 3 kali mangkir dalam pemeriksaan penyidik KPK tanpa keterangan yang jelas. Sempat dikabarkan masih berada di Indonesia, belakangan KPK menyebut Eddy telah meninggalkan Indonesia sebelum surat perintah pencekalan dikirimkan ke MenkumHAM.
(rii/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com