DetikNews
Senin 08 Agustus 2016, 12:48 WIB

Pengemis Pura-pura Buntung

Ridwan Kamil soal 'Nasib' Alexander: Bisa Jadi Penyapu Jalan atau Jaga Taman

Avitia Nurmatari - detikNews
Ridwan Kamil soal Nasib Alexander: Bisa Jadi Penyapu Jalan atau Jaga Taman Foto: Alexander berpura-pura buntung (Instagram @ridwankamil)
Bandung - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil kerap memberikan sanksi sosial kepada siapa saja yang melanggar aturan. Namun berbeda dalam kasus pengemis yang pura-pura buntung. Pria berkacamata itu akan mengarahkan untuk mereka untuk mendapat pekerjaan.

"Hukuman sosial itu diberikan kepada mereka yang memahami, kemudian merusak barang negara atau fasilitas sosial. Kalau pengemis ini kan karena faktor ekonomi. Maka kita cari solusi ekonominya," ujar Emil, sapaan karib Ridwan Kamil kepada detikcom, Senin (8/8/2016).

Solusi ekonomi terdekat, lanjut Emil, yakni dengan menyalurkan mereka untuk mendapatkan uang dengan cara bekerja. Misal, kata Emil, menjadi penyapu jalanan atau penjaga taman.

"Bisa nanti solusinya nyapu jalan, atau di taman juga bisa. Tapi yang susah itu kan mengubah mentalnya. Karena mereka biasa mendapatkan uang dengan cara mengemis," kata Emil.

Dalam satu hari Dinsos Kota Bandung bisa menjaring hingga enam pengemis yang tersebar di sejumlah wilayah. Namun saat ini, menurut Emil jumlahnya semakin berkurang.

"Sekarang cukup berkurang, karena sudah banyak yang kita jaring," pungkasnya.

Alexander diamankan petugas di kawasan Jl Otista, Kota Bandung, Jumat (5/8) lalu. Dia pura-pura buntung di bagian tangan. Ternyata hal itu hanya akal-akalan. Dia tidak buntung. Saat ini, pria yang mengaku berasal dari Sumatera ini berada di rumah singgah Dinsos Kota Bandung.
(avi/trw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed