DetikNews
Senin 01 Agustus 2016, 14:35 WIB

Panasnya Pilgub DKI

Mengenal 5 Kepala Daerah Sukses dari PDIP yang Bisa Jadi Penantang Ahok

Ahmad Toriq - detikNews
Mengenal 5 Kepala Daerah Sukses dari PDIP yang Bisa Jadi Penantang Ahok Foto: Ari Saputra
Jakarta - PDIP tengah melakukan pemetaan seputar kepala daerah yang sukses di daerah untuk diusung ke Pilgub DKI. Di antara banyaknya kepala daerah yang diusung PDIP baik kader maupun bukan, ada beberapa nama yang menonjol.

Simak beberapa kepala daerah sukses yang diusung dan didukung PDIP di berbagai daerah dan berpotensi diusung ke Pilgub DKI sebagai penantang cagub incumbent Basuki Tjahaja Purnama (Ahok):

Kader PDIP

1. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini adalah Wali Kota Surabaya yang mendapat banyak penghargaan di berbagai bidang. Selain piawai menata kota, Risma juga dikenal tegas salah satunya ketika dia berjuang menutup lokalisasi Dolly di Surabaya. Risma dikenal membuat banyak inovasi dan gebrakan di bidang pemerintahan dan tata kota, ia juga dikenal dekat dengan rakyat dan memimpin dengan santun.

Saat ini Risma menjabat Wali Kota Surabaya untuk periode kedua setelah ia memenangkan Pilkada 2015 dengan kemenangan telak mendekati 90%. Risma memperoleh kemenangan itu tanpa kampanye sedikit pun, malahan sempat tidak punya lawan karena dianggap terlalu kuat.

Risma adalah kepala daerah PDIP yang diprediksi sejumlah survei sebagai penantang terkuat cagub DKI incumbent Basuki Tjahaja Purnama. Risma tak punya ambisi maju Pilgub DKI, ia telah menolak tawaran itu langsung kepada Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Namun Risma juga memahami dirinya adalah petugas partai yang oleh elite PDIP kemudian diterjemahkan Risma akan tunduk jika parpol memerintahkannya maju Pilgub DKI

2. Wagub DKI Djarot Saiful Hidayat

Djarot Saiful Hidayat kini menjabat Wakil Gubernur DKI Jakarta. Pria kelahiran Gorontalo ini sebelumnya menjabat anggota DPR RI periode 2014-2019. Ia juga pernah menjabat sebagai Wali Kota Bliter selama dua periode.

Selain Risma, nama Djarot ada dalam salah satu kepala daerah yang digodok PDIP untuk jadi penantang Ahok di Pilgub DKI. Namun Djarot sampai kini terus membuka peluang PDIP akan mengusung Ahok di Pilgub DKI, memang isu santernya ada skenario Ahok-Djarot yang masih terbuka hingga kini. Namun konon bermasalah karena Ahok tak mau jadi kader PDIP.

3. Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo

Sebelum terpilih menjadi Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo dikenal sebagai dokter dan pengusaha bidang jasa kesehatan. Hasto Wardoyo maju pilkada diusung PDIP, PAN, dan PPP. Ia berduet dengan Sutedjo meraih 46,29 suara dan dilantik jadi bupati pada 24 Agustus 2011.

Hasto Wardoyo terkenal karena berbagai inovasinya dalam memimpin Kulonprogo. Pada tahun 2012, untuk mengangkat perekonomian Kabupaten Kulonprogo, Hasto Wardoyo meluncurkan program "Bela & Beli Kulonprogo".

Gerakan dimulai dengan mengeluarkan kebijakan yang mewajibkan pelajar dan PNS di sana mengenakan seragam batik gebleg renteng, batik khas Kulonprogo, pada hari tertentu. Selain itu Hasto mewajibkan setiap PNS membeli beras produksi petani Kulonprogo, 10 kilogram per bulan. Bahkan beras raskin yang dikelola Bulog setempat kini menggunakan beras produksi petani Kulonprogo.

4. Wali Kota Pangkalpinang Irwansyah

Muhammad Irwansyah lahir di Bangka pada 1 Juni 1983. Dengan usia yang baru 33 tahun, ia menjadi salah satu kepala daerah termuda di Indonesia. Irwansyah yang sebelumnya pengusaha, maju Pilkada Pangkalpinang periode 2013-2018 diusung oleh PDIP dan Hanura juga didukung PKS dan NasDem. Ia dilantik jadi Wali Kota Pangkalpinang pada 14 November 2013.

Dua tahun memerintah, Irwansyah sudah banyak membuat gebrakan. Ia pernah mendapatkan penghargaan sebagai kepala daerah muda visioner pada tahun 2015. Ia juga mendapatkan penghargaan dari Presiden untuk evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah(AKIP) pada tahun 2014.

Saat ini Irwansyah sedang mencoba mengorbitkan Pangkalpinang ke tingkat internasional dengan pembangunan green hospital pertama di Indonesia. Selain itu ia juga membangun lintasan untuk balap motor MXGP yang berstandar internasional.

Non kader yang diusung PDIP

Selain empat nama kepala daerah potensial yang juga kader PDIP, sebenarnya partai banteng moncong putih juga mendukung sejumlah tokoh yang kemudian menang pilkada. Berikut beberapa tokoh yang diusung atau didukung PDIP di Pilkada:

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas

Diusung oleh PDIP, Abdullah Azwar Anas kini menjabat Bupati Banyuwangi untuk periode kedua. Azwar Anas dikenal sebagai kepala daerah rajin berinovasi. Ia membuat beragam festival untuk menyemarakkan pariwisata di Banyuwangi.

Selama pemerintahannya bersama Yusuf Widyatmoki, ia meluncurkan berbagai program di daerah seperti Bandar Udara Blimbingsari, menyelenggarakan pendidikan gratis, pengadaan banyak festival, juga merencanakan wisata banyuwangi yang berkonsep eco-tourism.
(van/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed