DetikNews
Kamis 28 Juli 2016, 09:53 WIB

Janji Menteri Baru Jokowi

Sri Mulyani yang Kagetkan Bank Dunia dan Akan Maksimal Sukseskan Tax Amnesty

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Sri Mulyani yang Kagetkan Bank Dunia dan Akan Maksimal Sukseskan Tax Amnesty Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Kabar 'pulang kampung' Sri Mulyani Indrawati ke tanah air rupanya menjadi magnet investor sehingga IHSG ditutup pada level 5,274.36 atau menguat 49.97 poin. Tak hanya itu, Presiden Jokowi juga berpesan khusus kepada Sri Mulyani yang sudah enam tahun jadi pejabat Bank Dunia.

"Tapi kalau (tax amnesty) tidak berhasil juga, momentumnya sekarang. Tidak ada lagi momentum selanjutnya. Ini hati-hati semuanya. Lancarkan sekali lagi, setting lapangannya lebih diperketat lagi, ke Bu Menkeu," ujar Jokowi saat membuka Sidang Kabinet Paripurna di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (27/7/2016).

Lalu apakah langkah Sri Mulyani untuk mewujudkan tugas itu?

"Saya akan melakukan yang terbaik, tentu saja karena sudah enam tahun saya akan melihat struktur anggaran, apa-apa yang telah dicapai oleh pak Bambang sebelumnya dan apa-apa yang telah dijadikan ksepakatan dengan DPR dan tentu saja dalam rangka mengelola perekonomian," jawab Sri ketika diwawancara usai pelantikan di Istana Negara.

Jika pengampunan pajak berhasil, maka dana segar yang masuk akan dia kelola supanya lapangan kerja terbuka luas dan kesenjangan ekonomi dapat dikurangi. Selama di Bank Dunia pun Sri Mulyani fokus pada program-program pengentasan kemiskinan.

"Jadi saya akan melihat anggaran apa yang secara politis dan secara hukum sudah dicapai dan bagaimana rencana yang telah dibuat dan disusun oleh menkeu sebelumnya dan kemudian kami akan mencapai semaksimal mungkin," imbuh Sri.

Sri Mulyani juga pernah menjabat sebagai Menkeu, tetapi kemudian dia dipercaya Bank Dunia untuk menduduki posisi Managing Director and Chief Operating Officer. Tak sembarangan orang bisa berada di jabatan itu. Mengapa Sri bersedia menanggalkannya dan kembali ke tanah air?

"Saya merasa terhormat diminta kembali oleh bapak Presiden untuk bisa bekerja sama bersama para menteri kabinet lain untuk bisa menjalankan di sisa masa jabatan kabinet ini, semoga itu tercapai," jawab dia.

Selasa (26/7) malam Presiden Bank Dunia langsung mengabari jajaran di sana tentang keputusan Sri Mulyani kembali ke Indonesia. Kabar ini pun membuat kaget Bank Dunia.

"Pengumuman kepada Board of Directors atau staf Bank Dunia, keputusan ini mengagetkan karena memang saya tidak pernah menunjukkan tanda-tanda akan kembali ke Indonesia, apalagi dalam waktu yang sdemikian cepat dan pada saat ini Bank Dunia sdang dalam proses melaklukan mobilisasi dana untuk negara-negara miskin atau yang kami sebut International Develpment Asistance, itu adalah dana yang dikhususkan untuk ngara-negara miskin di dunia terdiri dari 77 negara dengan income per kapita di bawah 1.200 dollar per kapita," tutur Sri.

Pada saat menghadiri serah terima jabatan di Kementerian Keuangan pun Sri Mulyani langsung berpesan untuk siap-siap kerja keras. Kedatangannya disambut tepuk tangan para staf Kemenkeu.
(bag/dra)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed