Idul Fitri di Athena

Pesan dari Negeri Para Dewa: Jadilah Muslim yang Baik

Eddi Santosa - detikNews
Rabu, 06 Jul 2016 23:46 WIB
Foto: Suasana di Wisma Duta KBRI Athena (dok KBRI Athena)
Athena - Jamaah agar memanfaatkan usia dan waktu untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah agar menjadi muslim yang baik dan mendapat ridha Allah SWT.

Demikian pesan khotbah salat Idul Fitri yang disampaikan khatib merangkap imam ustaz Ahmad Bani LC, M.Si dari Corps Dai Dompet Dhuafa, di pelataran Wisma Duta di Athena, Selasa (5/7/2016).

Khatib juga mewanti-wanti kepada para jamaah yang sebagian besar adalah wanita pekerja agar senantiasa mengingat dan mendoakan keluarganya di Indonesia.

Pelaksanaan salat Id di Athena ini satu hari lebih awal dari di Indonesia, karena mengikuti pengumuman Asosiasi Muslim di Yunani dan beberapa imam masjid di Yunani yang menetapkan 1 Syawal 1437 H jatuh pada 5 Juli 2106.

Sebagian jamaah terlihat meneteskan air mata, tersentuh oleh khotbah dan doa yang disampaikan oleh khatib. Usai salat Id, jamaah saling bersalaman mengucapkan selamat Idul Fitri.

Suasana salat Idul Fitri 1437 yang diselenggarakan oleh KBRI Athena di Negeri Para Dewa, Yunani, berlangsung khusyuk dan khidmat, diikuti sekitar 200 masyarakat muslim Indonesia, para staf dan keluarga mereka.

Pukul 10.00 sampai 13.00, masyarakat Indonesia memenuhi undangan open house untuk halal bi halal, yang juga dihadiri oleh friends of Indonesia dan masyarakat sekitar Wisma Duta.

Dubes RI Benny Bahanadewa beserta istri mempersilakan masyarakat untuk menikmati aneka menu khas Lebaran Indonesia antara lain ketupat, opor ayam, nasi uduk, lontong cap gomeh, asinan dan aneka minuman segar dingin.

KBRI Athena menurut Sekretaris I John Admiral memberikan fasilitas antar jemput WNI dari stasiun kereta terdekat ke Wisma Duta, mengingat terbatasnya waktu sebagian besar WNI karena harus segera kembali ke tempat kerja.

"Sebagian besar WNI di Yunani adalah pekerja dan 1 Syawal jatuh pada hari kerja, maka memenuhi permintaan WNI, KBRI Athena mengeluarkan surat permohonan izin dari tempat kerja mereka," imbuh John.

Salat Id dan halal bi halal menjadi acara pamungkas dari rangakaian kegiatan Ramadan KBRI Athena.

Sebelumnya selama Ramadan, KBRI Athena menyelenggarakan ceramah Ramadan oleh ustaz Ahmad Bani, buka puasa bersama dan salat tarawih yang diikuti oleh WNI di Athena dan sekitarnya. (es/hri)