detikNews
Jumat 03 Juni 2016, 19:21 WIB

Masjid Baiturrahman Banda Aceh Dipermak, Bakal Miliki Payung Ala Masjid Nabawi

Agus Setyadi - detikNews
Masjid Baiturrahman Banda Aceh Dipermak, Bakal Miliki Payung Ala Masjid Nabawi Foto: Agus Setyadi/detikcom
Banda Aceh - Pembangunan dan pengembangan landscape serta infrastruktur Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh hingga kini sudah rampung mencapai 40 persen. 12 Tiang yang akan digunakan untuk pemasangan payung elektrik ala Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi sudah berdiri kokoh.

Jumat (3/6/2016), sejumlah pekerja hingga kini terus mengerjakan pembangunan di dalam komplek masjid. Mereka mengerjakan pemasangan payung elektrik dan basement (lokasi parkir). Lokasi pengerjaan ini ditutup untuk umum sehingga untuk masuk ke sana harus mendapat izin.

12 tiang payung elektrik sudah dipasang di sisi utara dan selatan masjid. Tingginya bervariasi antara setiap tiang. Letaknya pun agak berjauhan. Di halaman tengah, sedang dilakukan pengerjaan basement dan tempat wudhu di bagian samping bawah.

Foto: Agus Setyadi/detikcom

Pengunjung Masjid Raya Baiturrahman tidak lagi leluasa berkeliling seperti sebelumnya. Saat ini pengunjung hanya dapat melihat keindahan masjid. Sedangkan taman yang dulu dijadikan tempat berteduh kini masuk dalam tahap pengerjaan. Area itupun dipagar.

"November nanti Insyaallah sudah mulai pemasangan payung. Butuh waktu lama juga untuk proses pemasangan," kata Kepala Lapangan Waskita Karya, Hasanuddin.

Selama bulan Ramadan, pengerjaan pembangunan ini tetap dilanjutkan seperti biasa. Mereka hanya berhenti kerja saat azan, salat dan zikir. Setelah itu, pekerjaan dilanjutkan walaupun malam hari.

"Waktu salat Tarawih nanti juga berhenti kerja, kalaupun kerja kami usahakan jangan ribut sehingga mengganggu," jelasnya.

Foto: Agus Setyadi/detikcom

Pembangunan dan pengembangan landscape serta infrastruktur Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh memakan biaya mencapai Rp 1,1 miliar. Kawasan kompleks masjid nantinya akan menjadi pusat beragam aktivitas yang mendukung fungsi masjid sebagai sentral kegiatan umat Islam di Aceh.

Pembangunan Masjid Raya dilakukan dalam dua tahap, yaitu jangka pendek dan jangkap panjang. Untuk jangka pendek, akan dilakukan pemasangan 12 unit payung elektrik di pelataran masjid. Payung ini layaknya seperti yang terdapat di Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi. Selain itu, juga akan dibangun berbagai sarana lain, seperti taman, rumah genset, pusat pengolahan air, drinking water system dan perbaikan beberapa interior bangunan.

Sedangkan target jangka panjang akan dilakukan perluasan kawasan masjid. Rinciannya, untuk kawasan barat akan dijadikan sebagai pusat pendidikan. di lokasi tersebut akan dibangun TPA dan sekolah yang fokus pada pendidikan agama Islam.

Foto: Agus Setyadi/detikcom

(try/try)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com